Viral Ada Shalat Tarawih Terlama Hingga Makan Waktu 8 Jam, Netizen: Mereka Berdiri karena Iman

Viral Ada Shalat Tarawih Terlama Hingga Makan Waktu 8 Jam, Netizen: Mereka Berdiri karena Iman

Gaya Hidup | portalaceh.inews.id | Sabtu, 16 Maret 2024 - 15:24
share

JAKARTA , iNewsPortalAceh . id - Jika biasanya ramai berseliweran video shalat tarawih tercepat tanpa tuma'ninah di media sosial, kali ini agak lain.

Sebuah rekaman video menunjukkan suasana pelaksanaan shalat tarawih di suatu pondok pesantren nampak begitu khusyuk dipimpin oleh imam bersuara merdu.

Sang imam melantunkan ayat suci Alquran dengan tartil dan ajib. Terlihat para jamaah yang jumlahnya tidak terlalu banyak begitu sangat khusyuk mendengar bacaannya.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @sekitarbandungcom, disebutkan bahwa shalat tarawih itu berlangsung di Pondok Pesantren Al-Fatah, Temboro Karas, Magetan, Jawa Timur.

"Sudah menjadi tradisi di Ponpes Al-Fatah Temboro, Magetan menggelar shalat tarawih berjamaah untuk para santri dan masyarakat di sekitarnya," tulis akun tersebut.

Pelaksanaan shalat tarawih di sana berlangsung mulai bakda shalat isya hingga waktu sahur dengan membaca Alquran full 30 juz yang menghabiskan waktu 8 jam.

"Berbeda dengan yang lain, shalat tarawih 23 rakaat di ponpes tersebut terdapat kelompok jamaah shalat tarawih yakni dengan bacaan Alquran 1 juz, 5 juz hingga 30 juz khatam dalam semalam atau menjelang sahur. Untuk pelaksanaan tarawih dengan kelompok 30 juz durasi waktu bisa sampai 8 jam lebih," bunyi keterangan video.

Video ini lantas menuai banyak pujian dari warganet. Ada juga yang menyebutkan jika masyarakat di sana sangat ramah saat menyambut pendatang, dan kehidupan kesehariannya memang lebih condong berorientasi akhirat, terlihat dari kebiasaan mereka langsung menghentikan kegiatan duniawi ketika masuk waktu shalat.

"Mereka berdiri bukan dengan tenaga, tetapi dengan iman," tulis pemilik akun @rizkiramadha*****.

Pernah 3 hari disana, pas pertama datang langsung disambut anak" kecil, yg anak wanita pakai cadar, yg anak laki nya pakai gamis.

Setiap ada tamu rombongan datang langsung kompak memberi sallam. Setiap masuk waktu sholat semua warung tutup," timpal akun @rh**** berbagi pengalamannya.

"Masha Alloh...mereka berusaha untuk tidak melewatkan Ramadhan dengan sia-sia," komentar @rizkikurniarah*****.

"Temboro Karas, Magetan Jawa Timur, pondok pesantren penghafal Alquran dan hadits terbesar dan terbaik saat ini Insya Allah," sebut pengguna akun @taufiqism*****.

Topik Menarik