Kisah Dian Sastrowardoyo Sebelum Mualaf, Sempat Belajar Semua Agama

Kisah Dian Sastrowardoyo Sebelum Mualaf, Sempat Belajar Semua Agama

Gaya Hidup | ciamisraya.inews.id | Sabtu, 16 Maret 2024 - 13:54
share

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Dian Sastrowardoyo seorang aktris terkenal karena perannya dalam berbagai film Indonesia. Kisah uniknya tentang proses mualafnya memang cukup menarik. Sebelum akhirnya memeluk agama Islam, Dian Sastrowardoyo sempat mempelajari berbagai agama.

Dalam beberapa wawancara dan tulisan yang dibagikannya, Dian Sastrowardoyo mengungkapkan bahwa sejak muda, dia memiliki ketertarikan yang besar pada isu spiritual dan pencarian makna hidup. Hal ini mendorongnya untuk mempelajari berbagai agama dan filosofi.

Kemudian ia bertemu dengan seorang ustadz bernama Rahmat dalam sebuah kajian agama. Pada kesempatan tersebut, Dian Sastro mempertanyakan tentang tujuan hidup manusia di bumi kepada Ustadz Rahmat.

Lantas Ustadz Rahmat membuka Alquran dan menunjukkan salah satu ayat dalam Alquran yang relevan dengan dan menjelaskan pertanyaan Dian Sastro tentang tujuan hidup manusia.

"Gue tanpa ada ekspektasi apa-apa, ya, tanya ke pak ustaz, sebenarnya hidup buat apa sih. Lalu, dibukalah ada ayat Alquran, terus pokoknya menjawab dengan sangat filosofis dan sangat logis," ungkap Dian Sastrowardoyo dalam podcast Denny Sumargo.

Dian Sastrowardoyo saat mendengarkan jawaban dari Ustadz Rahmat, tidak menyangka bahwa jawaban yang dicarinya begitu jelas tergambar dalam ajaran Islam. Melalui pemahaman yang diberikan oleh Ustadz Rahmat, Dian Sastrowardoyo akhirnya memantapkan hati untuk mualaf dan memeluk agama Islam.

"Gue juga enggak nyangka ternyata kejawabnya sama pemuka agama Islam. Ada namanya Pak Rahmat, dan gue enak banget dengerin penjelasannya," jelas Dian.

Meskipun demikian, Dian pada awalnya tak percaya bisa mulai tertarik dengan Islam setelah mendengar kajian Ustadz Rahmat. Penjelasan dari Ustadz Rahmat yang logis dan masuk ke dalam dirinya hingga akhirnya ia tertarik memperdalam Islam.

"Karena jarang loh nemu kayak pemimpin agama yang ngobrolnya nyambung gitu. Nah, gue tuh harus dijawab pertanyaan-pertanyaan logika, walaupun akhirnya nanti perjalanannya enggak akan logika terus," imbuh Dian.

Tak berselang lama, Dian mulai mengikuti kajian bersama ustadz Rahmat, dan langsung mengutarakan niatnya untuk memperdalam Islam. kala itu, Dian masih berusia 21 tahun langsung mendapat jawabannya yang menantang dari ustaz tersebut.

"Pak saya belajar terus sama bapak gitu, terus kata bapak tergantung kamu mau salat enggak lima waktu'. Karena sekarang saya sudah tahu buat apa (salat), ya saya mau deh. Belajarlah gua besokannya ngafalin Al Fatihah," tutur Dian Sastrowardoyo.

Sebagai informasi, Dian Sastro terlahir sebagai seorang Katolik dan seiring berjalannya waktu ia memilih untuk pindah agama ke Islam. Pemeran karakter Citra dalam film AADC ini memilih memeluk Islam saat masih remaja.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "Dian Sastrowardoyo Belajar Semua Agama Sebelum Mualaf"

Topik Menarik