Hukum Sikat Gigi saat Berpuasa, Apa Saja Batasannya?

Hukum Sikat Gigi saat Berpuasa, Apa Saja Batasannya?

Gaya Hidup | mojokerto.inews.id | Sabtu, 16 Maret 2024 - 10:14
share

SURABAYA - Hukum dan batasan sikat gigi saat berpuasa patut diketahui oleh umat Islam. Hal itu penting dilakukan agar ibadah puasa bisa dijalankan dengan baik sesuai ketentuan.

Dikutip dari iNews.id, membersihkan mulut melalui siwak maupun sikat gigi memang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain untuk menjaga kebersihan mulut, juga merupakan adab dalam beribadah.

Rasulullah SAW pernah bersabda: Artinya: Seandainya Aku tidak memberatkan ummatku pastilah aku perintahkan mereka untuk menggosok gigi setiap berwudhu'. (HR. Ahmad).

Hadits Rasulullah SAW menyebutkan bila tidak memberatkan, gosok gigi diharuskan pada setiap wudhu. Padahal setidaknya, umat Islam sehari semalam berwudhu' lima kali.

Selain itu, menggosok gigi juga merupakan bentuk menjaga kebersihan mulut. Dalam hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: Artinya: Menggosok gigi itu membuat mulut menjadi bersih dan membuat Allah menjadi ridha.(HR. An-Nasa'i).

Lantas, bagaimana batas sikat gigi yang diperbolehkan saat sedang menjalankan puasa? Berikut ulasannya.

Batas Sikat Gigi saat Puasa Menurut Imam Asy-Syafii, bersiwak atau menggosok gigi saat puasa hukumnya makruh bila telah melewati waktu zhuhur hingga sore hari. Alasan yang dikemukakan beliau adalah hadits Nabi yang menyebutkan : Bau mulut orang yang puasa lebih harum di sisi Allah dari aroma kesturi. (HR. Bukhari).

Sedangkan bersiwak atau menggosok gigi akan menghilangkan bau mulut. Namun bila bau mulut mengganggu seperti habis makan makanan berbau, maka sebaiknya bersiwak.

Berkumur adalah memasukkan air ke dalam mulut untuk dibuang kembali. Sedangkan istinsyak adalah memasukkan air ke dalam lubang hidung untuk dibuang kembali.

Keduanya boleh dilakukan saat puasa meski bukan untuk keperluan berwudhu. Namun harus dijaga jangan sampai tertelan atau masuk ke dalam tubuh, karena akan membatalkan puasa. Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Dr Ahmad Sarwat MA menjelaskan, jumhur ulama sepakat bahwa hukum menggosok gigi saat puasa ataupun bersiwak tidak membatalkan ibadah tersebut.

Namun muslim perlu mengetahui batas waktunya. Itulah ulasan tentang batas sikat gigi saat puasa, hukum dan batas waktunya yang penting muslim ketahui agar ibadah puasa Ramadhan semakin khusyuk. Wallahu A'lam

Topik Menarik