Berusia 240 Juta Tahun, Tim Ilmuwan Temukan Fosil Naga, Seperti Apa Bentuknya?

Berusia 240 Juta Tahun, Tim Ilmuwan Temukan Fosil Naga, Seperti Apa Bentuknya?

Gaya Hidup | sidoarjo.inews.id | Rabu, 28 Februari 2024 - 20:13
share

JAKARTA, iNewsSidoarjo- Naga adalah makhluk mistis yang sangat populer dalam mitologi berbagai bangsa dan budaya di seluruh penjuru dunia, mulai dari Asia hingga negara Eropa.

Baru-baru ini sebuah tim yang beranggotakan ilmuwan dari berbagai negara, mengklaim telah berhasil menemukan fosil naga berusia 240 juta tahun di Provinsi Guizhou di Tiongkok Selatan, menurut laporan People, dikutip dari m.rctiplus.com pada Rabu (28/2/2024).

Namun, faktanya ada perdebatan mengenai apakah makhluk mitologis ini benar-benar pernah ada di Bumi atau tidak? Diketahui jika para ilmuan yang terlibat mempelajari temuan ini selama lebih dari 10 tahun di Institut Paleontologi Vertebrata dan Palaeoantropologi Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, Beijing.

Dikatakan bahwa fosil yang tampaknya menunjukkan reptil prasejarah ini berasal dari periode Trias, sekira 240 juta tahun yang lalu. Reptil purba, yang dinamakan Dinocephalosaurus ini memiliki anggota badan bersirip yang menunjukkan bahwa ia jelas telah beradaptasi dengan baik terhadap gaya hidup lautan.

Fosil yang ditemukan juga memiliki sisa makanan berupa ikan yang diawetkan secara alami dengan sangat baik di bagian perutnya.

Ia juga memiliki leher yang sangat panjang mirip dengan Tanystropheus hydroides, reptil laut aneh lainnya dari Trias Tengah di Eropa dan China. iNewsSidoarjo

Topik Menarik