Daftar Momen Paling Kontroversial di Piala Dunia, Gol Tangan Tuhan Maradona Teratas

Daftar Momen Paling Kontroversial di Piala Dunia, Gol Tangan Tuhan Maradona Teratas

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 1 November 2022 - 17:05
share

Gol "Tangan Tuhan" Diego Maradona yang fenomenal di Piala Dunia 1986 menduduki puncak daftar momen Piala Dunia paling kontroversial berdasarkan hasil survei baru-baru ini.

Sebanyak 43 persen responden memilih gol "Tangan Tuhan" Maradona itu sebagai momen paling kontroversial di Piala Dunia meski sudah 35 tahun berlalu.

Hasil itu diperoleh dari jajak pendapat yang melibatkan 2.000 orang di Inggris. Survei itu ditugaskan oleh Samsung UK untuk memamerkan jajaran TV Neo QLED 2022, yang menampilkan teknologi Quantum Dot.

Menurut para responden, sejumlah momen-momen kontroversial Piala Dunia butuh tinjauan ulang teknologi Video Assistant Referee (VAR) .

Selain gol "Tangan Tuhan" Maradona, ada gol "hantu" Frank Lampard saat Inggris melawan Jerman pada 2010 juga termasuk momen kontroversial Piala Dunia.

Kemudian, ada handball terang-terangan Thierry Henry yang tidak dianggap pelanggaran oleh wasit saat melawan Irlandia pada tahun 2009 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Momen itu mendapat suara 28% sebagai aksi kontroversial.

Momen kontroversial Piala Dunia lainnya yang diingat penggemar sepak bola termasuk kala Spanyol memiliki 2 gol bagus yang dianulir saat melawan tuan rumah turnamen Korea Selatan pada tahun 2002. Momen itu mendapat suara 19%.

Adapun 21% lainnya masih kecewa dengan pemain Jerman Barat Jurgen Klinsmann yang melakukan diving di final Piala Dunia 1990, yang membuat pemain Argentina Monzon diusir dari lapangan.

Faktanya, hampir 2 pertiga responden (63%) percaya VAR akan menghapus sebagian besar momen kontroversial Piala Dunia yang telah terjadi selama bertahun-tahun.

Daftar momen kontroversial Piala Dunia yang dianggap butuh tinjauan VAR seperti dilansir Sun Sport dan Daily Star , Senin (31/10/2022):

1. Gol Tangan Tuhan Diego Maradona saat Argentina melawan Inggris di Piala Dunia pada 1986.

2. Gol "hantu" Frank Lampard kala Inggris melawan Jerman yang membentur mistar dan jelas melewati garis, tetapi tidak disahkan wasit di Piala Dunia 2010.

3. Handball Thierry Henry di pertandingan Prancis vs Irlandia di Kualifikasi Piala Dunia 2010.

4. Pelanggaran keras yang dilakukan kiper Jerman Barat Harald Schumacher tanpa hukuman terhadap pemain Prancis Patrick Battiston, pada tahun 1982.

5. Pemain Belanda, Nigel de Jong tidak diusir keluar lapangan karena melakukan pelanggaran keras ke dada pemain Spanyol Xabi Alonso pada menit-menit pembukaan Final Piala Dunia 2010.

6. Diving ikonik Jurgen Klinsmann dari Jerman Barat di final Piala Dunia 1990, mengakibatkan Monzn Argentina diusir keluar lapangan.

7. Luis Figo dari Portugal tidak mendapatkan kartu merah karena menanduk pemain Belanda Van Bommel pada tahun 2006.

8. Neymar menerima kartu kuning dan bukan kartu merah atas pelanggarannya dalam pertandingan Brazil melawan Kroasia, pada tahun 2014.

9. Dua gol bagus Spanyol dianulir kala melawan Korea Selatan di Piala Dunia 2002.

10. Gol kontroversial Geoff Hurst untuk Inggris di final Piala Dunia 1966.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik