Loading...
Loading…
Ini Cara Tambah Tinggi Badan Secara Alami

Ini Cara Tambah Tinggi Badan Secara Alami

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | BisnisCom | Kamis, 22 September 2022 - 11:24

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki postur tubuh yang baik jelas menjadi idaman setiap orang. Karenanya tak heran bila banyak orang berlomba-lomba untuk memiliki tubuh yang tinggi dan jenjang untuk menunjang penampilan.

Meskipun faktor genetik memiliki peran penting dalam berkontribusi menentukan tinggi tubuh seseorang, Anda juga dapat membantu proses pertumbuhannya dengan melakukan perawatan yang tepat bagi tubuh.

Untuk diketahui bahwa pertumbuhan tinggi badan terbatas usia. Umumnya, seseorang akan berhenti tumbuh pada usia 18 hingga 20 tahun. Karenanya penting untuk memaksimalkannya pada masa periode pertumbuhan.

Setidaknya terdapat 2 faktor utama yang mampu menunjang proses tumbuh kembang tinggi seseorang. Bila Anda hendak mencapai tinggi tubuh tertentu, Anda perlu memperhatikan faktor nutrisi dan gaya hidup yang dipercaya memiliki kontribusi kuat dalam menentukan pertumbuhan tinggi tubuh Anda.

Memperhatikan Faktor Nutrisi

1. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Makan makanan yang sehat dan bergizi untuk membantu tubuh Anda tumbuh. Nutrisi yang baik akan sangat diperlukan untuk mencapai potensi tinggi badan Anda.

Rutinlah mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan nutrisi seperti sayuran segar, buah-buahan, dan protein tanpa lemak. Jika Anda mempertanyakan komposisi makanan yang sehat, jawabannya adalah isilah setengah piring Anda dengan sayuran, 1/4 piring Anda dengan protein tanpa lemak, dan 1/4 piring Anda dengan karbohidrat kompleks. Hindari camilan berupa snack dan makanan ringan. Gantilah camilan Anda menjadi buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak.

Diantara yang termasuk ke dalam golongan protein tanpa lemak adalah ayam, kalkun, ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, tahu, dan produk susu rendah lemak.

2. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Masukkan lebih banyak protein ke dalam porsi makan Anda. Protein dapat membantu tubuh Anda membangun massa tubuh yang sehat, seperti otot. Karenanya, konsumsi protein yang baik dapat membantu Anda mendapatkan tubuh yang tinggi. Pastikan adanya protein pada sepiring makanan Anda setiap kali makan dan sertakan dalam camilan sehat berupa buah-buahan untuk mendukung percepatan tumbuh kembang tubuh.

Makanlah telur setiap hari jika Anda tidak alergi. Anak kecil yang rutin mengonsumsi telur utuh setiap hari bisa tumbuh lebih tinggi daripada anak yang tidak mengonsumsinya. Telur mengandung protein dan vitamin yang mendukung pertumbuhan yang sehat, telur juga merupakan makanan yang murah dan mudah didapat untuk ditambahkan ke dalam porsi makan Anda.

3. Rutin Mengonsumsi Susu

Konsumsilah satu gelas susu setiap hari untuk mendukung pertumbuhan Anda. Susu mengandung protein, kalsium, dan vitamin untuk menyehatkan tubuh.

Di samping itu, susu adalah pilihan yang bagus untuk mendukung program tinggi Anda. Selain susu, yogurt dan keju juga merupakan sumber protein yang bagus. Masukkan 1 porsi produk susu favorit Anda ke dalam diet harian Anda. Misalnya, minum 8 ons cairan (240 mL) susu , makan 6 ons cairan (180 mL) yogurt, atau makan sepotong atau 1 ons (28 g) keju.

4. Mengonsumsi Suplemen Kalsium

Mengonsumsi suplemen kalsium atas saran dokter juga merupakan pilihan yang tepat. Suplemen dapat membantu Anda tumbuh lebih tinggi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Seperti yang diketahui kebanyakan, kalsium dan vitamin A dan D sangat penting untuk mendukung tulang yang kuat. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen, pastikan lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah suplemen tepat untuk Anda.

Membuat Perubahan Gaya Hidup

1. Memperhatikan Postur Tubuh

Pertahankan postur tubuh yang baik untuk menunjukkan tinggi badan Anda. Meskipun pada dasarnya postur tubuh yang baik tidak benar-benar membuat Anda tumbuh, tetapi dengan membiasakan postur tubuh yang baik hal tersebut akan membantu Anda terlihat lebih tinggi.

Perhatikan postur dengan memastikan tubuh tetap tegak dan jaga punggung tetap lurus. Untuk lebih menumbuhkan kesadaran, periksa postur Anda di cermin. Berlatihlah berdiri, berjalan, dan duduk untuk menguasai postur yang baik.

2. Rutin Berolahraga

Rutinlah berolahraga 30 menit setiap hari untuk kesehatan tulang dan otot. Anda mungkin tahu bahwa berolahraga setiap hari akan membantu Anda tetap sehat, tetapi juga dapat membantu Anda tumbuh lebih tinggi.

Olahraga membangun tulang dan otot agar lebih sehat, sehingga dapat membantu Anda mencapai ketinggian setinggi mungkin untuk Anda. Pilih latihan yang Anda sukai sehingga mudah bagi Anda untuk memasukkannya ke dalam hari Anda.

Mulailah berolahraga dengan rutin seperti mengikuti kelas dansa, berjalan-jalan, berlari di sekitar lingkungan Anda, atau bermain skating.

Original Source

Topik Menarik