Humor Gus Dur: Isi 2 Makam Keramat Ini Sangat Mengejutkan!

Humor Gus Dur: Isi 2 Makam Keramat Ini Sangat Mengejutkan!

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 3 Agustus 2022 - 05:16
share

JAKARTA Presiden KH Abdurrahman Wahid atau biasa dipanggil Gus Dur dikenal sebagai sosok yang suka memberikan humor atau guyonan. Dia bisa membuat siapa saja tertawa.

Salah satunya adalah kisah tentang Gus Dur yang pernah mendapatkan cerita lucu dari santrinya soal makam keramat.

Kisah itu menceritakan suatu ketika ada sebuah makam keramat yang sangat terkenal. Makam tersebut dijaga oleh seorang kuncen dan asistennya yang bernama Mang Oman.

Suatu hari, sang kuncen merasa heran dan jengkel karena ada sebuah makam keramat baru. Makam keramat baru tersebut langsung jadi tempat tujuan utama para peziarah, yang tentu jadi saingan makam keramat terdahulu.

Karena penasaran, sang kuncen pun menyelidiki makam siapa gerangan itu. Betapa terkejutnya ia karena ternyata yang menjadi kuncen makam keramat baru itu adalah asistennya sendiri, Mang Oman.

"Sebenarnya makam siapa?" tanyanya kepada Mang Oman.

"Maafkan saya Uwak, ini sebenarnya makam anak kuda pemberian Uwak, yang mati saat saya hendak pulang kampung lebaran kemarin," jawab Mang Oman.

Dengan napas panjang dan berat, akhirnya sang kuncen itu berkata, "Yah, enggak apa-apa. Nak, ini kalau memang tidak ada yang tahu dan menguntungkan dirimu."

Dengan perasaan senang, tetapi heran, Mang Oman bertanya, "Kenapa Wak?"

Sang kuncen menjawab, "Karena makam keramat yang saya jaga, adalah makam induknya!"

Topik Menarik