Loading...
Loading…
Doa Tahun Baru Islam 1444 Hijiriah Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya Dibaca Setelah Ashar

Doa Tahun Baru Islam 1444 Hijiriah Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya Dibaca Setelah Ashar

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | iNewsKaranganyar | Jumat, 29 Juli 2022 - 06:21

KARANGAYAR, iNews.id - Doa Tahun Baru Islam ada baiknya dibaca agar di Tahun Baru 1444 Hijiriah nanti segala kebaikan selalu menyertai kita semua, Amin.

Berikut bacaan doa Tahun Baru Islam lengkap teks Arab, latin dan artinya.

Untuk diketahui, Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah jatuh Sabtu 30 Juli 2022 sesuai Surat Keputusan Bersama 3 Menteri (SKB 3 Menteri).

Sebelum meninggalkan Tahun 1443 Hijriyah ada baiknya doa akhir tahun dibaca pada Hari Jumat (29/7/2022) setelah Ashar.

Kemudian doa awal tahun dibaca bakda Maghrib karenapergantian hari dalam kalender Hijriyah adalah terhitung sejak Maghrib.

Bulan Muharram merupakan bulan penuh berkah terutama pada 10 hari pertama bulan tersebut.Nabi Muhammad shallallahu \'alaihi wa sallam bersabda:

Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqa\'dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya\'ban. (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Berikut doa pergantian tahun sebagaimana disebutkan As-Sayyid Al-Habib Utsman bin Yahya (Mufti Betawi) dalam Kitabnya Maslakul Akhyar.

Doa Akhir Tahun

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Aalihi Washahbihi Wasallim. Allahumma ma \'amiltu min \'amalin fii haadzihis sanati maa nahaitan \'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha \'alayya bi fadhlika ba\'da qudratika \'ala \'uquubatii, wa da\'autanii ilat taubati min ba\'di jara\'ati \'alaa ma\'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma \'amiltu fiha mimma tardho, wa wa\'attani \'alaihits tsawaba, fa\'as aluka an tataqabbala minnii wa la taqtha\' rajaa\'i minka ya Kariim.

Artinya: Ya Allah berikan rahmat beserta keselamatan kepada Junjungan Kita Nabi Muhammad Dan Keluarga Serta Para Sahabatnya. Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.

Doa Awal Tahun

Doa Awal Tahun

, , , , , , ,

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim. Wa Shallallaahu \'Alaa Sayyidinaa Muhammadin Wa \'Alaa aalihi wa Shahbihii wa Sallam. Allaahumma Anta Abadiyyul Qadiimul Awwalu, Wa \'Alaa Fadhlikal \'Azhimi Wujuudikal Mu\'awwali, wa Haadza \'Aamun Jadidun Qad Aqbala Ilaina Nas Alukal \'Ishmata Fiihi Minasy-Syaithaani wa Auliyaa\'ihi wa Junuudihi Wal\'auna \'Alaa Haadzihin Nafsil Ammaarati Bis-suu\'i Wal Isytighaala Bimaa Yuqarribuni Ilaika Zulfa Yaa Dzal Jalaali Wal Ikram Yaa Arhamar Raahimin, Wa shallallaahu \'Alaa Sayyidina Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi wa \'Alaa Aalihi wa Shahbihii wa Sallam.

Artinya: Dengan menyebut Asma Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau. Ya Allah! Engkau dzat yang kekal, yang tanpa permulaan, yang awal (pertama) dan atas kemurahan-Mu yang agung dan kedermawanan-Mu yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba. Kami mohon kepada-Mu pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya). Dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat yang Maha Belas Kasih! Semoga Allah senantiasa melimpahkan shalawat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Original Source

Topik Menarik