Menjajal Kambing Guling hingga Sop Buntut untuk Menu Buka Puasa

Menjajal Kambing Guling hingga Sop Buntut untuk Menu Buka Puasa

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 26 Maret 2024 - 13:01
share

SALAH satu momen paling dinantikan saat Ramadhan adalah menikmati hidangan berbuka. Kegiatan buka puasa bersama pun seolah menjadi sebuah agenda wajib bagi banyak orang.

Sejumlah restoran di ibukota pun ikut berlomba-lomba menawarkan berbagai promo menarik. Tak terkecuali Smriti Jakarta. Restoran berkonsep klasik di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat ini menyuguhkan sejumlah menu berbuka yang sayang untuk dilewatkan.

Mengusung tema Ramadan Iftar A Taste to Remember pengunjung dapat menikmati sederet kuliner khas Nusantara dengan cita rasa yang sangat otentik.

Tim MNC Portal Indonesia beberapa waktu lalu berkesempatan mencicipi suguhan kuliner lezat yang diracik langsung oleh Chef Andang Firdaus, selaku Executive Chef Smitri Jakarta. Seperti apa sensasi rasa kuliner yang dihidangkan? Berikut ulasan lengkapnya.

Kambing Guling Saus Kari

Terdapat 5 pilihan main course yang ditawarkan untuk promo Ramadhan tahun ini. Menu pertama yang sekaligus menjadi primadona adalah Kambing Guling Saus Kari. Chef Andang Firdaus mengatakan untuk menu tersebut dirinya sengaja memilih bagian shank atau bagian depan atas dari kaki kambing karena memiliki tekstur yang sangat ideal dan proporsional.

Proses pengolahannya kurang lebih memakan waktu hingga 2,5 jam, mengingat kaki kambing akan melalui proses marinasi lalu direbus dengan kuah kari untuk menghasilkan tekstur yang lembut, sebelum kemudian daging dibakar.

Saya sengaja memilih bagian shank karena teksturnya empuk tapi enggak hancur saat diolah, karena ada tendon atau urat yang mengikat. Daging kemudian diolah dengan banyak rempah-rempah seperti jahe, kapulaga, kunyit, dll agar lebih flavourful, ujar Chef Andang.

Benar saja, tekstur kambing guling menjadi lebih empuk dan juicy ketika disantap dengan kuah kari. Kombinasi yang sangat pas sebagai hidangan utama saat berbuka puasa.

Ayam Tangkap

Hidangan selanjutnya adalah ayam tangkap khas Aceh. Menu ini sangat cocok bagi para pencinta olahan ayam yang ingin menikmati menu berbuka namun tidak terlalu berat saat disantap.

Ayam tangkap khas Smriti Jakarta diolah dengan menggunakan sederet rempah-rempah aromatik, kemudian diproses menggunakan teknik deep-fried khas Aceh sehingga menghasilkan sensasi rasa renyah dan menggugah selera. Sangat pas disantap bersama nasi putih hangat.

Topik Menarik