Loading...
Loading…
Soal Kasus Cacar Monyet, Dokter: Jangan Berhubungan Seks Sesama Jenis

Soal Kasus Cacar Monyet, Dokter: Jangan Berhubungan Seks Sesama Jenis

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | iNewsMedan | Rabu, 27 Juli 2022 - 07:40

MENTERI Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa wabahcacar monyet kemungkinan sudah masuk ke Indonesia.

Menkes Budi, per hari ini resmi melaporkan setidaknya ada sembilan kasus suspek cacar monyet di Indonesia.

Soal kasus cacar monyet di Indonesia, sudah ada suspeknya sekitar 9 kasus tersebar di Indonesia, kata Menkes Budi, Selasa (26/7/2022).

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, kata Menkes Budi, kesembilan kasus tersebut tidak positif cacar monyet.

Tapi, saat kami tes lebih lanjut, semua hasilnya negatif cacar monyet, tambahnya.

Meski demikian, sayangnya Menkes Budi tidak menjelaskan lebih lanjut penyakit apa yang sebetulnya dialami oleh kesembilan pasien kasus suspek tersebut.

Menurut penjelasan Menkes Budi, ada kecenderungan penyakit cacar monyet ini menyebar lebih banyak pada pria yang berhubungan seks dengan pria.

Oleh karena itu Kementerian Kesehatan sudah mulai bergerak untuk melakukan edukasi dan pendekatan kepada lembaga LGBTQ di Indonesia. Ini dilakukan agar lembaga terkait melakukan pengawasan yang lebih ketat.

Dr. Muhammad Fajri AddaI, Dokter Relawan Covid-19 dan Edukator kesehatan mengatakan, untuk mencegah penularan dari cacar monyet, dia meminta masyarakat agar tidak berhubungan (sentuhan fisik atau berhubungan intim) sembarangan. Termasuk berhubungan seks dengan sesama jenis.

Solusinya ya jangan berbuat aneh-aneh, apalagi dengan yang tidak kita kenal, kita harus berperilaku penuh tanggung jawab. Artinya tidak berhubungan secara sembarangan atau sesama jenis, ya itu sangat kita anjurkan, jelasnya.

Terkait penularan cacar monyet karena hubungan seksual. Saat ini memang cacar monyet mengarah ada penyakit menular seksual. Meskipun belum ada keputusan pasti cacar monyet jadi penyakit menular seksual.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{