Selama Juni, 234 Kali Gempa Guncang Wilayah Sulawesi

Selama Juni, 234 Kali Gempa Guncang Wilayah Sulawesi

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 4 Juli 2022 - 11:06
share

MAKASSAR - Balai Besar Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat adanya aktivitas gempa yang terjadi selama sepekan. Gempa tersebut terjadi 234 kali.

Sub Koordinator Pengumpulan dan Penyebaran Data BBMKG Wilayah IV Makassar R Jamroni mengatakan, aktivitas gempa itu tercatat dalam sistem selama sepekan.

"Ini gempa kecil, mulai tingkat dirasakan, dangkal dan dalam. Tidak perlu panik, namun tetap waspada," ujarnya seperti dikutip Antara, Senin (4/7/2022).

Ia mengatakan, periode gempa terjadi sejak 1 hingga 30 Juni 2022. Sebaran gempa bumi juga terjadi di wilayah Gorontalo, Malili dan Selayar, Sulawesi Selatan; kemudian Majene, Sulawesi Barat serta wilayah Kalisusu.

Adapun distribusi gempa bumi dari 234 kejadian; 12 kali kejadian gempa bumi dirasakan, 202 gempa bumi dangkal, 29 kejadian gempa bumi kedalaman menengah dan 3 kali kejadian gempa bumi dalam.

Selain itu, pada Juni 2022, sesar yang paling aktif menimbulkan kejadian gempa bumi adalah Sesar Sorowako dan Sesar Batui-Balantak.

Topik Menarik