Pandemi Covid-19 Mereda, Imunisasi Anak di Jawa Timur Terus Digeber

Pandemi Covid-19 Mereda, Imunisasi Anak di Jawa Timur Terus Digeber

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 15:46
share

SURABAYA, celebrities.id - PKK Provinsi Jawa Timur dan UNICEF sepakat berkolaborasi erat untuk melindungi dan memenuhi hak anak pada masa pemulihan paska pandemi Covid-19 melandai dengan fokus menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), pencegahan gizi buruk, pencegahan perkawinan anak dan kekerasan terhadap anak mulai dari tingkat desa.

Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak menerima Kepala Perwakilan UNICEF Wilayah Jawa Arie Rukmantara membahas strategi, taktik dan program kolaborasi PKK Jawa Timur dengan UNICEF untuk 2022.

Arumi menuturkan, PKK bergerak bersama mitra potensial lainnya mendukung program-program pemerintah kader PKK secara berjenjang sampai tingkat desa dapat digerakan untuk memastikan anak mendapatkan perlindungan dan haknya

"Penggerakan kader PKK sangat dibutuhkan untuk memastikan mobilisasi sosial di tingkat desa sehingga 2.352.401 anak di Jawa Timur dapat terpenuhi haknya untuk mendapatkan imunisasi tambahan selama periode Bulan Imunisasi Anak Nasional," kata Arumi Bachsin, Kamis (30/6/2022).

Sementara itu Arie Rukmantara menuturkan, untuk mencapai target capaian imunisasi sebesar 100 persen pada Bulan Imunisasi Anak Nasional, Pemerintah Jawa Timur harus melakukan melakukan imunisasi tambahan kepada 75,884 anak per hari selama bulan Agustus.

Dia melanjutkan momentum Bulan Imunisasi Anak Nasional merupakan momen penting untuk menutup kesenjangan imunitas yang terjadi selama masa pandemi. Selama dua tahun terakhir, sejak 2020 2021, cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi turun drastis.

"Pada 2020 target imunisasi sebanyak 92 persen sementara cakupan yang dicapai 84 persen, pada 2021 imunisasi ditargetkan 93 persen namun cakupan yang dicapai 84 persen. Diperkirakan ada sekitar lebih dari 1,7 juta bayi yang belum mendapatkan imunisasi dasar selama periode 2019-2021," ucapnya.

Imunisasi adalah alat intervensi kesehatan paling efektif karena berkat imunisasi harapan hidup masyarakat meningkat dan bisa menjalani hidup secara produktif. Program Imunisasi di Indonesia telah berhasil melenyapkan penyakit cacar dan polio serta menurunkan insiden difteri, campak dan rubella sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Program Vaksinasi Covid-19 bahkan berhasil menekan kesakitan berat dan kematian akibat virus SARS COV-2 dan membuat kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat berangsur bangkit.

Kolaborasi erat antara PKK Jawa Timur dan UNICEF telah berlangsung dalam beberapa dekade terakhir, termasuk suksesnya kampanye imunisasi Measles and Rubella (MR) di tahun 2017, dimana Jawa Timur berhasil mencapai 100 persen sasaran, termasuk di Pulau Madura.

Kerjasama terkini kedua Lembaga terlihat dalam keterlibatan kader PKK untuk melakukan deteksi dini balita berisiko wasting yang dapat berujung ke situasi stunting, di enam kota/kabupaten Jawa Timur serta kampanye positive parenting dan layanan perlindungan anak berbasis masyarakat yang akan dilakukan di 70 desa dan 14 kabupaten/kota Jawa Timur.

Topik Menarik