7 Tanda Sakit Ginjal Ini Sering Tak Disadari, Segera Cek Ya!

7 Tanda Sakit Ginjal Ini Sering Tak Disadari, Segera Cek Ya!

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 28 Juni 2022 - 14:45
share

Sakit ginjal merupakan salah salah satu penyakit yang banyak diderita. Ketika ginjal mulai rusak artinya ginjal tak lagi bisa membuang racun dalam darah atau mengendalikan cairan tubuh.

Nah, penting untuk mendeteksi penyakit ginjal sejak dini agar dapat diobati lebih awal. Berikut adalah 7 tanda sakit ginjal stadium awal yang harus kamu ketahui, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (28/6/2022).

1. Kerap ingin buang air kecil

Ketika kamu mulai merasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari bisa jadi ini merupakan tanda awal penyakit ginjal. Ketika ginjal tak bisa menyaring dengan baik, frekuensi ingin buang air kecil akan meningkat.

2. Urine berbusa dan berdarah

Adanya busa dalam urine, bahkan harus diflush berkali-kali baru bisa benar-benar hilang juga mengindikasikan ada kelebihan protein dalam urine. Bentuknya serupa dengan busa yang terlihat ketika membuat telur orak-arik karena jenis proteinnya pun sama, yakni albumin. Perhatikan juga warna urine, sebab terkadang darah juga bisa terdeteksi pada urine.

3. Area sekitar mata terus menerus membengkak

Saat ginjal tak bisa menjalankan tugasnya dengan baik, artinya protein albumin bisa bocor ke luar jaringan. Area di sekitar mata yang membengkak bisa jadi indikasi ada kebocoran protein yang seharusnya tersimpan di bagian-bagian tubuh kendor, seperti pada area mata.

4. Betis dan kaki membengkak

Penyakit ginjal rupanya bisa membuat kaki mengalami gangguan. Buktinya, ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal berikutnya adalah betis dan kaki membengkak, termasuk pergelangan kaki, akibat penumpukan sodium.

5. Mudah lelah dan sulit fokus

Ini adalah tanda ketika ada penumpukan racun dan darah yang tidak jernih dalam tubuh. Akibatnya, seseorang mudah merasa sakit, lemah, dan sulit fokus. Ciri-ciri penyakit ginjal yang satu ini sangat bisa membuat aktivitas sang penderita terganggu.

6. Sulit tidur

Saat ginjal tak bisa menyaring racun dengan baik, racun akan tetap berada dalam darah. Racun tidak terbuang lewat urine. Akibatnya, penderitanya akan merasa sulit tidur. Karena ciri-ciri penyakit ginjal yang satu ini, penderita bisa saja kurang mendapatkan jam tidur yang dibutuhkan tubuhnya.

7. Kehilangan nafsu makan

Memburuknya nafsu makan bisa terjadi karena berbagai penyakit, namun penumpukan racun akibat ginjal yang tak berfungsi sempurna bisa jadi salah satu pemicunya.

Itulah 7 tanda sakit ginjal stadium awal yang bisa kamu perhatikan.

Topik Menarik