Jet Tempur Israel Bombardir Gaza Setelah Serangan Roket

Jet Tempur Israel Bombardir Gaza Setelah Serangan Roket

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 18 Juni 2022 - 13:09
share

TEL AVIV, iNews.id - Pasukan Israel membombardir Jalur Gaza setelah serangan roket pada Sabtu (18/6/2022) dini hari. Sirine di beberapa kota Israel yang berbatasan dengan Gaza mengaung pada Sabtu dini hari sebagai peringatan adanya serangan roket, memaksa warga mengungsi ke tempat perlindungan.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) kemudian mengonfirmasi sistem pertahanan udara Iron Dome mencegat satu roket yang ditujukan ke Kota Ashkelon.

Israel mengklaim kelompok perlawanan Hamas yang menembakkan roket itu. Namun sejauh ini tak ada pernyataan siapa yang bertanggung jawab atas serangan. Seperti diketahui ada beberapa faksi perlawanan di Gaza, termasuk Jihad Islam.

Menanggapi serangan roket, pesawat Pasukan Pertahanan Israel menyerang sejumlah sasaran Hamas di Jalur Gaza, bunyi pernyataan IDF, dikutip dari Reuters.

Sejauh ini tak ada laporan korban di pihak Palestina maupun Israel terkait aksi saling serang tersebut.

Perbatasan Israel dan Gaza relatif tenang sejak perang 11 hari pada Mei 2021. Ada sesekali tembakan dari Gaza maupun Israel, termasuk dampak kekerasan di Tepi Barat yang memicu respons di Gaza. Namun konflik itu tak sampai meningkatkan eskalasi.

Aksi saling serang pada dini hari tadi bisa dibilang eskalasi paling luas sejak Mei 2021.

Topik Menarik