Loading...
Loading…
Penuh Inspirasi, 9 Film Ini Kisahkan Sulitnya Membuat Perusahaan Startup

Penuh Inspirasi, 9 Film Ini Kisahkan Sulitnya Membuat Perusahaan Startup

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | IDX Channel | Selasa, 07 Juni 2022 - 09:50

IDXChannel - Mendirikan perusahaan rintisan atau startup banyak dilakukan orang sejak beberapa tahun terakhir. Terbukti dari perkembangan startup di Indonesia yang semakin naik setiap tahunnya. Kisah-kisah pendirian, proses bekerja, dan lingkungan startup sudah banyak terangkum di film maupun series dari berbagai negara.

Film dan series tentang startup memberikan banyak gambar dan motivasi dalam mendirikan sebuah startup. Berikut ini film dan series yang bercerita mengenai startup.

  1. Startup. com (2001)

Film dokumenter ini menceritakan kisah nyata dari startup media bernama Govworks.com di era dotcom. Pada saat itu, perusahaan ini sangat menjanjikan karena berhasil mengumpulkan USD60 juta dari Hearst Interactive Media, KKR, Dana Investasi New York, dan Sapient. Lewat film ini, penonton juga dapat melihat bagaimana periode dotcom berpengaruh terhadap startup.

Perusahaan startup Govworks.com ini kemudian mengalami kegagalan karena adanya kesalahan manajemen di dalamnya. Film ini banyak membahas mengenai pembiayaan dalam startup, peningkatan modal, manajemen pertumbuhan startup, keterampilan dalam membangun tim dan manajemen.

  1. The Wolf of Wall Street (2013)

Film dengan judul The Wolf of Wall Street ini diangkat dari kisah nyata Jordan Belfort, yang merupakan seorang pialang saham. Film ini bercerita mengenai perjalanan karier Belfort, batas kekuasaan dan kesuksesan. Tak hanya banyak membahas mengenai keuangan perusahaan, manajemen portfolio startup, hukum investasi, sampai pasar modal, The Wolf of Wall Street juga menceritakan tentang kegagalan usaha karena terjebak dalam gaya hidup yang glamor. Film ini juga memberikan kritik sosial secara tidak langsung.

  1. The Founder (2016)

The Founder merupakan film yang diangkat dari kisah nyata Ray Kroc, seorang salesman yang mengubah McDonalds menjadi perusahaan warlaba makanan cepat saji terbesar di dunia. McDonalds sendiri semula didirikan oleh McDonald bersaudara. Di film ini diceritakan tentang bagaimana Ray Kroc lebih dikenal karena mampu membuat McDonalds menjadi lebih besar, dibandingkan dengan pendiri aslinya. Dalam film ini, penonton dapat mempelajari tentang pendirian suatu bisnis, skala bisnis, dan ketekunan dalam menjalaninya.

  1. Steve Jobs (2015)

Film yang disutradarai oleh Danny Boyle ini menceritakan tentang Steve Jobs, yang merupakan pendiri dari Apple. Film ini memberikan gambaran mengenai perjalanan Steve Jobs dalam mendirikan Apple, yang kemudian dipecat dari Apple. Beberapa tahun setelah pemecatan itu, ia kembali lagi ke Apple dan memberikan banyak perubahan pada produk Apple. Dampaknya, Apple terhindar dari kebangkrutan sampai saat ini.

  1. The Social Networks (2010)

Film ini diangkat dari kisah nyata salah satu miliarder dunia saat ini, Mark Zuckerberg. Film yang disutradarai oleh David Fincher ini menggambarkan semangat Mark Zuckerberg dalam mendirikan Facebook. Saat berkuliah di Harvard, Mark bersama dengan teman-temannya mulai merintis Facebook hingga berkembang menjadi media sosial terbesar di dunia saat ini.

  1. Catch Me If You Can (2002)

Film klasik ini berdasarkan kisah nyata tentang perjalanan berwirausaha. Catch Me If You Can mengangkat topik penting dalam mendirikan perusahaan, yakni pemecahan masalah, kreativitas dalam mengubah situasi buruk untuk mencapai kesuksesan. Film ini memberikan gambaran mengenai keterampilan kewirausahaan, kreativitas, inovasi, teknik penjualan, dan sumber pendanaan perusahaan.

  1. The Startup Kids (2012)

Film dokumenter ini menceritakan perjalanan para pendiri perusahaan teknologi seperti Dropbox, Soundcloud, Vimeo, Xsmoke, dan Debito. The Startup Kids menggambarkan bagaimana pendirian perusahaan yang inovatif dan dapat sukses di usia dini. Film yang menarik ini dapat ditonton oleh mereka yang ingin mendirikan perusahaan teknologi.

  1. Startup (2020)

Drama Korea yang selalu menjadi trending topik di akhir pekan bulan Desember tahun 2020 ini mengangkat kisah anak muda yang ingin mendirikan perusahaan rintisan. Series yang penuh dengan inspirasi ini berkisah tentang Seo Dal Mi dalam mendirikan perusahaan rintisannya.

Setiap episode menceritakan proses bagaimana Seo Dal Mi, bersama timnya bernama Samsan Tech, berjuang dalam pendirian startup di bidang teknologi yang dibiayai oleh inkubator. Kegigihan dan kejeniusan tim tersebut memberikan banyak inspirasi bagi penonton.

  1. Itaewon Class (2020)

Drama Korea lainnya yang menceritakan tentang pendirian perusahaan rintisan adalah Itaewon Class. Drama ini berkisah tentang kegigihan Park Sae-royi yang diperankan oleh Park Seo-joo dalam membangun restoran waralaba. Berdasarkan dendam dari masa lalu, Park Sae-royi membuat Dan Bam, nama restoran yang dibuatnya menjadi waralaba nomor satu di Korea Selatan. Series ini dapat memberikan gambaran bagi penonton tentang kewirausahaan. (FHM)

Original Source

Topik Menarik