7 Rekomendasi Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil, Patut Dicoba

7 Rekomendasi Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil, Patut Dicoba

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 6 Juni 2022 - 13:50
share

IDXChannel Ada beberapa rekomendasi usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Seiring perkembangan zaman, akses untuk membuka usaha semakin terbuka lebar.

Apalagi, bagi ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis, Anda bisa memanfaatkan berbagai perkembangan teknologi dan media sosial saat ini untuk berjualan dan mendapatkan penghasilan. Beberapa ide usaha bisa Anda coba meski dengan modal yang kecil.

7 Rekomendasi Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

IDXChannel merangkum beberapa rekomendasi usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil sebagai berikut:

1. Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki keterampilan dan keahlian untuk membuat kerajinan tangan, Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai ide usaha dengan modal kecil. Anda bisa menjual beragam kerajinan tangan seperti souvenir, bingkisan, parsel, dan lain sebagainya. Selain itu, membuat kerajinan tangan juga banyak dicari terutama jika Anda membuat kerajinan tangan seperti merangkai barang untuk hantaran, mahar pernikahan, dan lain sebagainya.

2. Penulis Lepas

Selain memanfaatkan keterampilan merangkai barang-barang, Anda juga bisa memulai usaha sebagai penulis lepas jika Anda memiliki kemampuan menulis yang baik. Saat ini, ada berbagai lowongan sebagai penulis lepas yang tersebar di internet. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju ini membuat banyak media dan website semakin gencar meningkatkan produk tulisannya. Tak heran jika mereka membuka banyak lowongan penulis lepas yang bisa Anda kerjakan dari rumah. Jika Anda memiliki keterampilan ini, Anda patut mencoba pekerjaan yang satu ini.

3. Dropshipper

Rekomendasi usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil berikutnya adalah menjadi dropshipper. Anda bisa melakukan usaha ini dengan modal yang kecil bahkah hanya bermodalkan HP saja. Sebab, usaha dropshipper ini bisa Anda lakukan tanpa menyetok barang. Anda bisa mendaftar sebagai dropshipper kepada supplier barang tertentu yang menurut Anda memiliki potensi besar untuk dijual. Setelah itu, Anda bisa memanfaatkan media sosial dan platform berjualan online yang ada untuk mempromosikan barang tersebut.

4. Jasa Catering

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha Catering untuk Ibu Rumah Tangga. (Foto: MNC Media)

Usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga lainnya adalah membuka jasa catering. Anda bisa membuka usaha catering ini dengan modal kecil melalui sistem pre order. Dengan sistem ini, Anda bisa membuat catering berdasarkan jumlah pesanan sehingga potensi makanan terbuang karena tidak laku pun sedikit. Selain menghindari kerugian, membuka catering dengan sistem pre order juga lebih memudahkan Anda untuk menyiapkan menu apa yang perlu dibuat sesuai pesanan.

5. Buka Les Privat

Jika Anda memiliki memiliki kemampuan dalam bidang mata pelajaran, Anda juga bisa membuka jasa les privat bagi siswa baik SD, SMP, maupun SMA. Menjadi guru les privat bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menguntungkan dan minim modal. Sebab, Anda hanya perlu memiliki kemampuan di bidang mata pelajaran yang Anda leskan.

6. Jual Pulsa dan Internet

Peluang usaha pulsa dan internet pun saat ini semakin meningkat. Apalagi, penggunaan internet yang semakin tinggi membuat peluang usaha ini sangat patut untuk dicoba. Menjual pulsa dan paket internet tidak membutuhkan modal yang besar. Tak hanya itu, berjualan pulsa dan internet juga bisa Anda lakukan di rumah jika belum memiliki modal untuk menyewa ruko atau kios.

7. Jasa Laundry

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Usaha Laundry untuk Ibu Rumah Tangga (Foto: MNC Media)

Usaha yang paling banyak dilakukan ibu rumah tangga karena peluangnya yang sangat menguntungkan ini adalah jasa laundry. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, Anda bisa membuka usaha ini di rumah. Anda bisa membidik target pasar terdekat seperti tetangga dan rumah-rumah sekitar. Apalagi, jika Anda tinggal di daerah perkotaan di mana kebanyakan orang sibuk bekerja, kebanyakan mereka akan memilih untuk melaundry pakaian mereka. Ini tentu akan menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Itulah beberapa rekomendasi usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan untuk meraup penghasilan. Beberapa usaha ini bisa Anda lakukan tanpa modal yang besar dan bisa dilakukan hanya dari rumah.

Topik Menarik