Loading...
Loading…
Kembangkan Budidaya Sapi, Pemprov Kaltim Usulkan Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang

Kembangkan Budidaya Sapi, Pemprov Kaltim Usulkan Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Inews | Kamis, 19 Mei 2022 - 19:38

SAMARINDA, iNews.id Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mendorong lahan bekas tambang untuk dimanfaatkan, di antaranya untuk budidaya sapi. Upaya ini sekaligus menjadi program pemenuhan swasembada daging.

Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengatakan, program pengembangan sapi di lahan bekas tambang ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan populasi sapi di Kaltim.

Sehingga diharapkan melalui program itu bisa memenuhi swasembada daging dan tidak lagi mengandalkan pasokan dari daerah lain.

Kaltim saat ini masih kekurangan sapi, sehingga harus memasok dari daerah lain seperti Sulawesi Selatan, NTT, NTB, katanya, Kamis (19/5/2022).


Melalui pengembangan sapi di lahan eks tambang bisa mempercepat jumlah populasi sapi yang dilakukan oleh pemerintah, swasta maupun peternak rakyat, sambungnya.

Dia menambahkan, untuk peningkatan populasi ternak di Kaltim, pemerintah berharap peran serta pihak swasta dan masyarakat dengan pendampingan instansi terkait dari pemerintah.

Melalui kolaborasi itu, Hadi menilai akan semakin mudah mewujudkan program peternakan secara luas dengan memanfaatkan lahan- lahan yang sudah tidak digunakan lagi untuk operasional perusahaan.

Partisipasi swasta seperti PT EMAS di Desa Embalut ini, sangat berperan sekali, baik masa sekarang maupun masa yang akan datang sebagai pusat pembibitan ternak, juga penyuplai kebutuhan daging sapi dan kambing, tambahnya.(*)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{