Loading...
Loading…
Muncul Wabah Mulut Kuku Hewan Ternak, Kapolri Minta Masyarakat Tak Panik

Muncul Wabah Mulut Kuku Hewan Ternak, Kapolri Minta Masyarakat Tak Panik

Gaya Hidup | indozone.id | Jumat, 13 Mei 2022 - 08:24

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat untuk tidak panik dengan adanya wabah penyakit mulut, kuku hewan ternak. Kapolri sendiri memastikan pihaknya akan membantu mencegah penyebaran wabah ini.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat tetap tenang terkait adanya laporan temuan ini," kata Kapolri Jenderal Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

Eks Kabareskrim Polri ini juga memastikan jika Polri akan turun tangan membantu penanganan wabah tersebut. Polri disebutnya akan membantu mencegah penyebaran wabah.

"Polri akan bekerjasama dengan dinas peternakan daerah untuk membantu mengawasi penanganan penyakit tersebut agar tidak terjadi pergeseran ke luar dari wilayah temuan," bebernya.

Lebih lanjut, Jenderal Sigit mengungkap jajaran Polri di wilayah akan turun tangan dengan mentracing dan melakukan pengecekkan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut ke hewan ternak.

"Sehingga penyakit tersebut bisa kita bantu lokalisir dan tidak meluas dengan bantuan penjagaan dan pengawasan.

Dia menambahkan pihak Polri akan turut melakukan pengawasan dengan sistem penyekatan mobilitas hewan ternak. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyebaran wabah.

Baca Juga :
Waspada, Penyakit Mulut dan Kuku pada Ternak Ditemukan di Kulonprogo

"Melakukan pengawasan dengan cara penyekatan perdagangan hewan ternak keluar atau masuk pada wilayah tersebut yang mengacu pada dokumen hasil pemeriksaan dokter hewan dari Balai Karantina Dinas Pertanian dan Peternakan," pungkasnya. Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{