Loading...
Loading…
Kamu Mengalami 3 Gejala Ini, Tanda Gula Darah Tinggi

Kamu Mengalami 3 Gejala Ini, Tanda Gula Darah Tinggi

Gaya Hidup | genpi.co | Rabu, 11 Mei 2022 - 05:30

GenPI.co - Orang yang tampak fit dan bugar juga mungkin saja memiliki gula darah tinggi. Namun, ternyata tidak semua orang memiliki gula darah tinggi menunjukkan tanda dan gejala yang jelas.

Oleh karena itu, hendaknya setiap orang, baik kamu yang memiliki diabetes, prediabetes, maupun yang masih merasa sehat sekalipun, mengenali dengan baik seperti apa ciri-ciri gula darah tinggi.

Selalu merasa haus dan sering buang air kecil

Ciri-ciri gula darah tinggi yang mungkin pertama kali kamu sadari pada awalnya adalah cepat haus. Haus adalah sensasi yang wajar, pertanda tubuh sedang dehidrasi dan membutuhkan asupan cairan.

Namun, cepat haus dapat menjadi gejala gula darah tinggi jika tidak juga hilang meski kamu sudah banyak dan sering minum.

Mulut kering

Mulut kering atau yang biasa disebut dengan xerostomia, merupakan salah satu ciri-ciri gula darah tinggi.

Pada orang yang memiliki gula darah tinggi, gejala mulut kering juga umum dibarengi dengan masalah bibir kering dan pecah-pecah, bau mulut, sering haus, dan sensasi kering di tenggorokan.

Tingginya kadar gula darah menyebabkan kelenjar air liur terganggu sehingga tidak menghasilkan air liur secara normal.

Selalu lapar, tetapi berat badan malah turun

Alih-alih membuat kenyang dan meningkatkan berat badan, ciri-ciri gula darah tinggi satu ini malah menyebabkan tubuh kurus.

Ini karena kelebihan glukosa yang tidak dipakai akhirnya terbuang bersama urine. Otak menganggap tubuh sedang kekurangan energi (padahal tidak) sehingga beralih menggunakan sumber energi cadangan dari lemak. (hellosehat)

Simak video pilihan redaksi berikut ini:

Original Source

Topik Menarik