Ini Respons IDAI soal Kabar PTM Dihentikan Dampak Hepatitis Akut Misterius

Ini Respons IDAI soal Kabar PTM Dihentikan Dampak Hepatitis Akut Misterius

Gaya Hidup | okezone | Sabtu, 7 Mei 2022 - 15:15
share

DUNIA dihebohkan munculnya penyakit hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak, termasuk di Indonesia. Melihat perkembangan itu, muncul asumsi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah akan dihentikan?

Mendengar hal itu, Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr dr Muzal Kadim SpA(K) memberi respons belum dapat dipastikan. Sebab, hepatitis akut misterius tersebut belum bisa dipastikan masuk Indonesia atau tidak.

"Karena tidak tahu dalam perkembangan lebih lanjut, karena saat ini kita masih tahap investigasi," ujar Dr dr Muzal dalam zoom meeting, Sabtu (7/5/2022).

Ia menegaskan bahwa IDAI belum dapat memberikan keputusan atau rekomendasi soal PTM ditunda sementara. Ketiga pasien anak yang dirawat di RSUPN dr Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan hepatitis akut belum diketahui penyebabnya hingga meninggal dunia.

Sehingga, Dr dr Muzal pun menyarankan masyarakat dapat menunggu hasil investigasi dan perkembangan soal hepatitis akut misterius tersebut. "Sampai saat ini belum ada keputusan IDAI. untuk menyarankan PTM itu (dihentikan dalam waktu tertentu)," jelasnya.

"Apakah benar-benar sudah ada kasusnya masuk ke Indonesia? Atau, memang itu kasus-kasus yang sporadis (penyakit jarang/tidak teratur/di daerah-daerah tertentu). Jadi, kita belum memutuskan itu," ucap Dr dr Muzal menambahkan.

Topik Menarik