5 Mitos di Tengah Masyarakat yang Masih Dipercaya Hingga Saat Ini, Salah Satunya Susah Mendapat Jodoh, Simak Ulasannya Berikut Ini

5 Mitos di Tengah Masyarakat yang Masih Dipercaya Hingga Saat Ini, Salah Satunya Susah Mendapat Jodoh, Simak Ulasannya Berikut Ini

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Rabu, 13 April 2022 - 19:00
share

Mitos masih sangat melekat ditengah masyarakat, salah satunya masyarakat Sunda. Entah dari mana asal mulanya, namun secara turun-temurun mitos dipercaya bahkan menjadi pegangan bagi beberapa orang hingga saat ini. Kebenarannya patut dipertanyakan karena diwariskan oleh orang terdahulu hanya secara lisan.

Mitos biasanya dapat berupa sebuah larangan, atau aturan tertentu yang tidak dapat dilanggar. Apabila tetap dilanggar biasanya akan ada sanksi tertentu yang akan menimpa seseorang yang melakukan.

Untuk beberapa orang mitos menjadi hal yang tidak masuk akal untuk dipercaya, ditambah dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan yang pesat saat ini.

Namun tetap saja, Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan cerita-cerita mistis di dalamnya. Mitos hadir sebagai bagian dari budaya yang perlu dilestarikan. Nah, berikut adalah ulasan tentang mitos Sunda yang paling aneh dan terkenal yang kutip dari berbagai sumber.

1. Bersiul Di Malam Hari

Salah satu mitos masyarakat Sunda yang terkenal yaitu larangan bersiul di malam hari. Hal ini dipercaya akan memanggil makhluk halus sehingga mereka akan datang dan mengganggu kita. Suara siulan dipercaya salah satu suara yang mereka sukai. Maka dari itu mitos ini dikenal sebagai pantangan yang sebaiknya tidak dilakukan. Selain itu, bersiul salah satu perilaku yang tidak sopan dilakukan di depan orang dewasa.

2. Potong Kuku Di Malam Hari

Potong kuku di malam hari di kenal luas sebagai larangan untuk dilakukan. Dipercaya dapat memengaruhi jiwa seseorang, yang dapat menyebabkan gila. Hal tersebut tentunya tidak ada kaitannya dengan Psikologi, namun bisa ditangkap sebagai nasihat untuk tidak memotong kuku dalam pencahayaan yang minim di malam hari.

3. Duduk Di Depan Pintu

Mitos selanjutnya yaitu, duduk di depan pintu. Ini adalah larangan untuk anak-anak khususnya perempuan agar tidak duduk di depan pintu. Mitos ini dipercaya akan menghambat seseorang bertemu dengan jodoh hingga lanjut usia.

4. Memakai Baju Warna Hijau Saat Berada Di Pantai

Tak hanya di kenal di daerah Jawa Barat, namun mitos ini juga di kenal luas di wilayah Jawa. Penghuni pantai selatan, yang dikenal Nyi Roro Kidhul senang dengan warna hijau. Sehingga seseorang yang mengenakan pakaian warna tersebut akan dibawa oleh Nyi Roro Kidhul.

5. Gadis Sunda Dilarang Menikah Dengan Lelaki Jawa

Larangan ini sudah dikenal luas oleh masyarakat. Apabila terjadi pernikahan antara gadis Sunda dan lelaki berasal dari Jawa maka pernikahannya tidak langgeng. Rumah tangganya tidak bertahan lama, akan ada banyak persoalan yang dihadapi. Mitos ini hadir bermula dari sebuah kisah dendam di masa lalu. Yang melibatkan pernikahan seseorang dari Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Sunda dalam perang Bubat di tahun 1357. Kendati demikian, hal ini tetap saja mitos yang masih diragukan kebenarannya.

Topik Menarik