Duh! Harga Tiket Pesawat ke Aceh Selangit Bikin Masyarakat Menjerit

Duh! Harga Tiket Pesawat ke Aceh Selangit Bikin Masyarakat Menjerit

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 12 April 2022 - 02:03
share

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) didesak segera mengevaluasi mahalnya harga jual tiket pesawat ke Provinsi Aceh yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Teuku Raja Keumangan mengatakan, kondisi itu sangat memberatkan masyarakat apalagi di tengah kondisi serba sulit saat ini.

Mahalnya harga jual tiket pesawat dari dan tujuan ke Aceh ini sangat memberatkan masyarakat, sehingga berdampak terhadap investasi dan ekonomi masyarakat Aceh, kata Teuku Raja.

Teuku mencontohkan, harga jual tiket pesawat jenis Wings Air dari Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar tujuan ke Bandara Internasional Kuala Namu, Deli Serdang Sumatera Utara kini dijual dengan harga Rp1,3 juta hingga Rp1,7 juta untuk sekali terbang.

Pada Januari hingga Maret 2022 lalu, harga jual tiket pesawat jenis ATR seri 72-600 tersebut juga dijual tinggi berkisar antara Rp900 ribuan hingga Rp1,2 juta per penumpang sekali terbang.

Sedangkan tiket tujuan Aceh ke Jakarta, lanjutnya, juga dijual dengan harga tinggi berkisar antara Rp1,5 juta hingga Rp2 jutaan untuk sekali terbang menggunakan maskapai berlogo singa.

Sedangkan jika menggunakan pesawat milik BUMN, maka harga jual tiketnya berkisar antara Rp2 jutaan hingga Rp3 jutaan untuk sekali terbang.

Namun, jika dibandingkan dengan penerbangan dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara tujuan Jakarta dengan jarak tempuh sekitar dua jam, harga jual tiket sangat murah yakni di kisaran harga Rp700 ribuan hingga Rp1 juta untuk sekali terbang.

Topik Menarik