Penderita Tekanan Darah Tinggi Dianjurkan Konsumsi 3 Makanan

Penderita Tekanan Darah Tinggi Dianjurkan Konsumsi 3 Makanan

Gaya Hidup | genpi.co | Sabtu, 9 April 2022 - 12:40
share

GenPI.co - Kalau kamusalah satu yang menderita tekanan darah tinggi, minum obat saja tidak cukup untuk dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah.

Penderita hipertensi perlu memilih makanan dengan porsi dan kalori yang sesuai. National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan dengan total kalori sekitar 2.000 kalori per hari.

Memilih makanan dengan kalori yang rendah dapat membantu kamu menjaga berat badan dan mencegah obesitas yang merupakan salah satu penyebab hipertensi.

Yogurt

Yogurt juga mengandung probiotik tinggi yang diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut beberapa penelitian.

Untuk memasukkan yogurt ke dalam menu harian, kamu bisa mengonsumsinya langsung satu cangkir setiap hari atau dicampur dengan buah, kacang-kacangan, atau granola.

Kentang

Untuk mendapatkan manfaat kentang sebagai makanan penurun hipertensi, ada baiknya kamu memilih konsumsi kentang yang hanya direbus atau dipanggang tanpa penambahan garam.

Terlalu banyak garam ketika memasak atau mengonsumsi kentang justru dapat meningkatkan tekanan darah.

Kacang lima

Kandungan kalium dalam kacang lima yang berasal dari Peru Amerika Latin ini juga bisa dijadikan sebagai makanan penurun darah tinggi.

Selain itu, kacang lima juga mengandung serat dan protein yang tentu baik untuk penderita hipertensi.

Kamu dapat mengonsumsi kacang lima dengan cara merebusnya, bisa langsung dimakan atau mencampurkannya dengan sayuran lain. Ingat, hanya tambahkan sedikit garam pada masakan tersebut. (hellosehat)

Video heboh hari ini:

Topik Menarik