Waspada! 25 Daerah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Akibat Bibit Siklon Tropis 94W

Waspada! 25 Daerah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Akibat Bibit Siklon Tropis 94W

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 8 April 2022 - 04:34
share

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) melaporkan Bibit Siklon Tropis 94W terpantau di perairan selatan Timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan angin atau konvergensi yang memanjang di utara Kalimantan dan di laut Sulawesi.

Bibit Siklon Tropis 94W ini mampu menginduksi peningkatan kecepatan angin di sekitar sistem hingga mencapai lebih dari 25 knot yaitu sebelah timur Filipina, laut Sulawesi, kepulauan Sangihe Talaud, dan perairan sebelah utara Maluku Utara.

Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah Bibit Siklon Tropis dan di sepanjang daerah level atau konvergensi tersebut, demikian dikutip dari laman resmi BMKG, Jumat (8/4/2022).

BMKG mengatakan situasi siklonik terpantau di Laut Natuna Utara, daerah konvergensi juga memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Bengkulu dan Sumatera Selatan, di Kalimantan Tengah, di Kalimantan Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tengah, dari Gorontalo hingga Maluku Utara.

Kemudian, di Maluku, di perairan utara Papua, Papua Barat, serta daerah pertemuan angin atau konvergensi terpantau di Selat Karimata, Sumatera bagian selatan, Selat Makasar bagian utara dan perairan sebelah utara Papua Barat.

Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut, kata BMKG.

Terdapat 25 wilayah yang berpotensi terdampak tidak langsung dari Bibit Siklon Tropis 94W ini. Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

1.Aceh

2.Sumatera Utara Sumatera Barat

3.Riau

4.Bengkulu

5.Jambi

6.Sumatera Selatan

7.Kep. Bangka Belitung

8.Lampung

9.Banten

10.Jawa Barat

Topik Menarik