Loading...
Loading…
Pakar Sebut 4 Tempat Ini Paling Berisiko Jadi Pusat Penularan Omicron, Jangan Dikunjungi!

Pakar Sebut 4 Tempat Ini Paling Berisiko Jadi Pusat Penularan Omicron, Jangan Dikunjungi!

Gaya Hidup | indozone.id | Minggu, 20 Februari 2022 - 19:30

COVID-19 varian Omicron memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi. Salah satu mutasi virus SARS-CoV-2 ini dapat 5 kali lebih cepat menular daripada varian COVID-19 lainnya, termasuk Delta.

Risiko penularan Omicron tentu semakin besar apabila masyarakat tidak mengikuti aturan protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker hingga jaga jarak.

Selain itu, tidak pergi ke tempat-tempat yang berpotensi menjadi pusat penularan Omicron juga bisa menjadi solusi.

Penasaran apa sajakah tempat tersebut? Berikut ulasannya yang dikutip dari laman Eat This , Minggu (20/2/2022).

1. Pusat perbelanjaan

mal (Pixabay/tonefotografia)
Ilustrasi mal (Pixabay/tonefotografia)

Tempat seperti pusat perbelanjaan ataupun mal sudah pasti berisiko tinggi dapat menjadi lokasi penularan COVID-19, termasuk Omicron.

Tempat seperti ini kerap kali dikerumuni masyarakat ketika ingin berbelanja kebutuhan hingga mengejar diskon suatu produk.

2. Transportasi umum dan udara

penumpang pesawat (Pixabay/Hispanolistic)
Ilustrasi penumpang pesawat (Pixabay/Hispanolistic)

Transportasi umum dapat menjadi sarang penularan Omicron. Hal ini dikarenakan siapa pun bebas menaiki kendaran jenis ini tanpa adanya pemeriksaan terlebih dahulu.

Sementara itu menurut seorang dokter dari School of Medicine University of Zagreb, dr Kristina Hendijia, virus COVID-19 akan lebih cepat menyebar melalui udara.

Beberapa studi juga menunjukkan virus yang menginfeksi saluran pernapasan ini bisa bertahan selama 15 menit di udara dan masih bisa terhirup oleh seseorang yang berada di transportasi umum.

Sedangkan transportasi udara atau pesawat disebut bisa meningkatkan risiko 2-3 kali lipat penularan COVID-19 varian Omicron.

"Penerbangan menimbulkan risiko dua hingga tiga kali lipat untuk tertular varian omicron. Alasannya adalah: meskipun sistem penyaringan udara di pesawat sangat efisien, jumlah turis meningkat seiring orang melanjutkan hidup mereka. Setiap penumpang berpotensi menjadi pembawa virus," bunyi laporan dari seorang apoteker di Farr Institute.

3. Rumah sakit

nakes (Pixabay/DisobeyArt)
Ilustrasi nakes (Pixabay/DisobeyArt)

Rumah sakit tentu menjadi tempat yang paling berpotensi. Pasalnya di sini ada banyak pasien positif Omicron yang dirawat.

Oleh karena itu ada baiknya kamu menghindari pergi kerumah sakit kecuali dalam keadaan darurat.

"Kecuali Anda memiliki keadaan darurat medis. Hindari pergi ke rumah sakit untuk perawatan rawat jalan karena dua alasan utama. Pertama, rumah sakit sudah dibebani dengan masuknya pasien COVID sedang hingga berat, dan kedua, Anda lebih mungkin untuk bertemu seseorang dengan COVID di rumah sakit karena di sanalah mereka dirawat," beber dr Hendijia.

4. Tempat umum

tempat yang penuh kerumunan (Pixabay/Dmytro Varavin)
Ilustrasi tempat yang penuh kerumunan (Pixabay/Dmytro Varavin)

Tempat umum seperti ruangan konser, gedung pesta ataupun restoran sudah pasti dapat menimbulkan kerumunan. Hal ini tentu dapat berpotensi menularkan Omicron.

"Restoran dalam ruangan memicu risiko karena berada di dalam ruangan, menyentuh benda yang terkontaminasi, orang yang makan bersama tanpa masker. Selain itu, tertawa dan batuk juga dapat menyebarkan droplet yang terkontaminasi ke udara," pungkas apoteker di Farr Institute.

Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{