Loading...
Loading…
Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Penting untuk Diketahui

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Penting untuk Diketahui

Gaya Hidup | katadata.co.id | Jumat, 14 Januari 2022 - 18:26

Saat hamil, konsumsi makanan sehat termasuk buah-buahan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya. Salah satu buah yang aman dikonsumsi ibu hamil yaitu buah pir. Sebab ada banyak manfaat buah pir untuk ibu hamil.

Buah pir mengandung banyak nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan. Kandungan buah pir antara lain; serat, fosfor, zat besi, kalium, zinc, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan asam folat.

Dari kandungan tersebut wajar jika manfaat buah pir bagi ibu hamil juga sangat beragam. Mengutip dari sehatq.com , berikut ini beberapa manfaat yang dimiliki buah pir untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Pir Bagi Ibu Hamil

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat pertama yang bisa dirasakan ibu hamil jika mengonsumi buah pir yaitu bisa meningkatkan imun tubuh. Selama kehamilan biasanya sistem imun perempuan akan menurun, sehingga ibu hamil lebih rentan sakit.

Buah pir diketahui bisa menguatkan sistem imun ibu hamil, melawan radikal bebas, dan mencegah infeksi. Sebab buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dalam setu buah pir, diketahui ada 10 mg vitamin C.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ketika hamil, biasanya banyak orang mengeluhkan sembelit atau sulit buang air besar. Kondisi tersebut jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan masalah yang lebih parah.

Untuk mengatasi sembelit, ibu hamil bisa mengonsumsi buah pir. Sebab buah ini mengandung serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Meningkatkan Energi

Manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya yaitu untuk menambah energi. Ibu hamil pada umumnya cepat merasa lelah, sehingga membutuhkan tambahan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Meskipun demikian, konsumsi karbohidrat dan gula yang terlalu banyak bisa meningkatkan berat badan dan berisiko menyebabkan diabetes. Maka dari itu, konsumsi buah pir menjadi cara tepat untuk menambah energi saat hamil.

Sebab dalam satu buah pir sudah terdapat 143 kalori. Kandungan kalori dalam buah pir terdiri atas gula alami (glukosa dan fruktosa). Gula tersebut bisa menambah energi ibu hamil dan bisa menekan keinginan konsumsi makanan manis saat hamil.

Tidak hanya itu, buar pir juga mengandung banyak serat sehingga kalori yang disantai bisa lebih mengenyangkan.

4. Sumber Asam Folat

Asam folat merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil terutama saat trimester pertama. Asam folat berguna untuk mencegah bayi cacat saat lahir seperti kelainan struktur otak dan tulang belakang. Maka dari itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi suplmen asam folat.

Selain dari suplemen khusus, asam folat juga bisa diperoleh dari makanan seperti buah pir. Dalam buah pir ada sekitar 14 mikrogram asam folat. Walaupun tidak terlalu banyak, namun asam folat dalam buah pir tetap memberikan manfaat pada ibu hamil.

5. Meredakan Stres

Manfaat buah pir untuk ibu hamil juga bisa untuk meredakan stres. Pir termasuk dalam anti depresan ringan dan alami, sehingga aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

6. Memelihara Kesehatan Jantung dan Tulang

Pir merupakan buah yang tinggi kalium. Dalam 100 gram buah pir diketahui ada sekitar 116 mg kalium. Mineral ini berguna untuk menjaga fungsi jantung ibu hamil dan bayi dalam kandungannya.

Selain itu, kalium juga berguna untuk regenerasi sel yang juga penting bagi ibu hamil. Kalium juga diketahui baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang janin.

7. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Buah pir hijau memiliki indeks glikemik yang rendah. Maka dari itu, buah ini baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah selama kehamilan. Kandungan indeks glikemik yang rendah membuat buah ini relatif aman untuk dikonsumsi ibu hamil yang mengidap penyakit diabetes.

8. Sumber Vitamin A

Selain berguna sebagai sumber asam folat, manfaat buah pir untuk ibu hamil lainnya yaitu sebagai sumber vitamin A. Sama halnya dengan asam folat, vitamin A juga diperlukan selama masa kehamilan.

Vitamin ini berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan memelihara perkembangan mata janin. Tak hanya itu, vitamin A juga berperan dalam perkembangan sistem pernapasan, sistem saraf, dan sistem peredaran darah.

9. Mencegah Kanker

Buah pir diketahui mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat tersebut berguna untuk mengikat dan membuat zat karsinogenik. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi buah pir hijau sebanyak satu buah setiap harinya bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara sebanyak 34% pada wanita yang telah menepause.

10. Mencegah Terjadinya Cacat pada Janin

Manfaat buah pir lainnya yaitu mencegah cacat pada janin. Sebab buah ini mengandung vitamin B6 yang membantu pertumbuhan jaringan saraf janin. Selain itu, vitamin B6 juga berguna untuk membuat tubuh tetap sehat dengan mengatur respon sistem imun terhadap infeksi yang terjadi.

Original Source

Topik Menarik

{
{