Melihat Desa Bone-bone, Daerah yang Bebas Asap Rokok

Melihat Desa Bone-bone, Daerah yang Bebas Asap Rokok

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 28 Desember 2022 - 19:59
share

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda yang sudah berkunjung ke Desa Bone-bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) pasti tahu kalau desa ini merupakan desa yang bebas asap rokok. Desa ini berada di Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang berlokasi di kaki Gunung Latimojong, 1.500 meter dari permukaan laut.

Ketika masuk ke daerah ini, tanda larangan merokok langsung terpampang pada baliho besar tepat di gerbang masuk Desa Bone-bone, sekitar 300 kilometer sebelah utara Kota Makassar.

Bukan itu saja, sejumlah papan berisi larangan merokok dan imbauan untuk menjaga kesehatan juga menghiasi sudut-sudut desa ini.

Aturan untuk tidak merokok ini bukan bagi warga desa setempat, tetapi juga berlaku untuk tamu yang berkunjung ke desa Bone-bone ini.

Bukan itu saja, di desan ini juga dilarang untuk menjual dan menyimpan rokok.

Lalu, bagaimana awal mula desa ini bisa menerapkan itu?

Orang pertama yang mengagas Desa Bone-bone bebas asap rokok adalah kepala dusunnya yakni Muhammad Idris.

Idris mengagas desanya bebas asap rokok bermula dari keprihatinannya terhadap warga desanya yang banyak terkena sakit paru-paru serta keprihatinannya terhadap kaum muda dan anak-anak yang mulai terbiasa merokok.

Selain itu, dia juga merasa prihatin terhadap kenyataan bahwa sebagian masyarakat di desanya mampu untuk membeli rokok namun tidak mampu menyekolahkan dan membeli buku untuk anak-anaknya.

Idris memulai kampanye anti rokok di desanya sekitar tahun 2001. Awal penerapan itu tidak semudah yang dia bayangkan. Namun, usaha yang dilakukannya membuahkan hasil sekitar tahun 2005 dan desanya menjadi desa bebas asap rokok.

Itulah Desa Bone-bone yang bebas asap rokok. Jadi, bagi Anda yang berkunjung ke desa itu untuk tidak merokok dan membawa rokok.

Topik Menarik