Damri Bakal Luncurkan 10 Bus Sleeper Double Decker Baru dan Tambah Rute ke Lampung

Damri Bakal Luncurkan 10 Bus Sleeper Double Decker Baru dan Tambah Rute ke Lampung

Ekonomi | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 14:11
share

JAKARTA, iNews.id - Perum Damri bakal menambah setidaknya 10 bus sleeper double decker baru hingga akhir 2024. Pengadaan armada baru itu juga sejalan dengan penambahan rute baru yang akan dibuka perseroan.

Corporate Secretary Damri Chrystian R M Pohan mengatakan, rencananya peluncuran 10 armada bus baru itu sekitar November-Desember mendatang. Hal ini sekaligus mengincar target pasar momen libur Natal dan Tahun Baru 2025.

"Kalau bus sleeper Insyaallah akan tambah rute dan tambah bus tahun ini, tapi kita lagi masuk ke proses penyiapan dulu armadanya, mungkin sama seperti kayak tahun lalu, kita launching mungkin November-Desember," ujar Pohan saat ditemui di kawasan Jakarta Timur, Senin (25/3/2024).

Terkait penambahan rute baru, melalui pengadaan 10 bus baru itu rencananya untuk memperkuat terlebih dahulu jalur Trans Jawa dan Lampung. Mengingat permintaan rute tersebut masih menjadi yang favorit bagi masyarakat. Adapun saat ini, layanan bus sleeper melayani dua rute di jalur Trans Jawa, yakni Jakarta-Malang dan Jakarta-Surabaya.

"Rute-rute baru kemungkinan kita akan perkuat Trans Jawa sama Lampung, karena Lampung itu paling banyak (pengguna) Damri juga," tuturnya.

Lebih lanjut, Pohan menilai saat ini bus sleeper Damri juga mendapatkan respons yang baik ditengah masyarakat. Bahkan bukan cuma Damri, tetapi tren bus sleeper juga tengah hype di kalangan masyarakat. Hal itulah yang akhirnya membuat pasar lebih kompetitif.

"Memang kalau dari segi harga memang perusahaan kompetitif, kayak PO swasta, tapi karena kita lihat animonya lumayan, jadi ya kita tambah lagi, sejauh ini masyarakat positif sih, apalagi banyak trending-trending di YouTube kalau saya lihat," ucapnya.

Sebelumnya, Perum Damri juga sudah merilis layanan Bus AKAP untuk tipe double decker dengan rute Jakarta-Malang dan Jakarta-Surabaya.

Pohan menyampaikan, jenis layanan ini berlaku tarif spesial sebesar Rp595.000 untuk kelas Sleeper Seat dan Rp495.000 untuk kelas Royal Class dengan rute Jakarta-Malang (PP), sedangkan Rp580.000 untuk Sleeper Seat dan Rp480.000 untuk Royal Class dengan rute Jakarta-Surabaya (PP).

"Untuk pembelian tiket, pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui Damri Apps ataupun dengan mengunjungi Pool Damri Kemayoran atau Kantor Pemasaran Damri Malang menggunakan metode pembayaran non-tunai via QRIS, E-money, Debit Card ataupun kartu kredit," ujarnya melalui keterangan resmi.

Topik Menarik