Wapres : Jangan Bermusuhan Hanya karena Berbeda Capres di Pilpres 2024

Wapres : Jangan Bermusuhan Hanya karena Berbeda Capres di Pilpres 2024

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 20:47
share

MAKASSAR, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengingatkan masyarakat tidak bermusuhan hanya karena berbeda calon presiden (Capres) saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Politik identitas juga dihindari sehingga tidak membuat perpecahan.

Saya kira sudah sejak lama bahwa pertama kita menghindari politik identitas. Kedua, perbedaan politik, perbedaan pilpres itu tidak membelah bangsa ini, tegas Wapres dalam keterangannya, Sabtu (3/12/2022).

Wapres pun mengatakan agar tetap menjaga persaudaraan meskipun berbeda partai politik.

Kita bertoleransi lah, saya sering mengatakan kalau berbeda partai lakum partaiyukum walana partayuna, kita berbeda partai kita tetap saudara sebagai bangsa, katanya.

Kalau berbeda capres, capresukum walana capresuna. Jangan sampai karena berbeda Capres kemudian bermusuhan, imbuhnya.

Menurut dia, Indonesia sudah berpengalaman pelaksanan Pemilu menjadi tidak perlu ada konflik, apalagi politik identitas untuk kampanye.

Saya sering contohkan kita dulu perbedaan lebaran, puasa itu dulu memang ada terjadi konflik, permusuhan di bawah, tapi sekarang sudah tidak ada masalah siapa puasa berbeda. Saya kira di politik juga begitu, sudah berkali-kali pemilu seharusnya sudah tidak ada lagi, sudah matang, katanya.

Topik Menarik