Pemkab Muba akan Terapkan Aplikasi E-Office di Seluruh OPD

Pemkab Muba akan Terapkan Aplikasi E-Office di Seluruh OPD

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 11 Oktober 2022 - 14:02
share

REPUBLIKA.CO.ID,SEKAYU - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba melakukan Sosialisasi dan Uji Coba Penerapan Aplikasi E-Office, Selasa (11/10/2022).

"Hari ini, dilakukannya sosialisasi terkait tatacara dan penggunaan aplikasi E-office di website dan di Android. Setelah Dinas Perikanan Kabupaten Muba, kali ini kita mengunjungi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP). Nantinya kegiatan sosialisasi ini akan di rencanakan untuk seluruh Instansi/Dinas yang ada di Sekayu," jelas Kepala Dinkominfo kabupaten Muba Herryandi Sinulingga.

Menurut dia, aplikasi E-office menghimpun informasi secara terkonsolidasi sehingga menjadi alat utama dalam pengambilan keputusan yang menghindarkan pejabat dari keterbatasan sumber informasi. "Aplikasi E-Office juga merupakan bagian dari pengembangan SPBE yang diwajibkan oleh pimpinan kita yakni sesuai arahan Pj Bupati Musi Banyuasin H. Apriyadi,"ujarnya.

Pemanfaatan aplikasi E-Office akan sangat membantu seluruh pegawai di kantor pemerintahan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya serta berjalan dengan sistem berbasis IT sehingga efisien dan efektif. "Pada kesempatan ini juga dilakukan coaching clinic sebagai layanan konsultasi terkait akuntabilitas kinerja PNS dengan materi sesuai pilihan dari unit kerja," kata Lingga.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Muba Riki Junaidi mengungkapkan pada era globalisasi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi penerapan E-Government di lingkungan pemerintah merupakan suatu keharusan yang akan dituntut untuk segera terapkan.

"Dengan kegiatan seperti ini yang dilakukan Dinkominfo yang bakal mengunjungi seluruh dinas secara bertahap dan berkesinambungan untuk melakukan sosialisasi uji coba penerapan aplikasi E-Office sesuai tututan zaman. Kami kira ini sangat membantu untuk memberikan pemahaman yang bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel," ungkapnya.

Topik Menarik