Bursa uang Digital Dinilai dapat Bangkitkan Perekonomian Indonesia

Bursa uang Digital Dinilai dapat Bangkitkan Perekonomian Indonesia

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 4 September 2022 - 15:20
share

TANGERANG Ketua MPR RIBambang Soesatyomengatakan bursa jual beliuang digitalaliaskriptodapat mendorong majunya ekonomi Indonesia saat ini. Ia juga menyinggung soal Indonesia yang kini menghadapiera digital.

Dunia termasuk di Indonesia sedang menghadapi masalah yang sama yaitu era digital, begitu juga nanti perdagangan transaksi menggunakan crypto currency, katanya usai menghadiri peresmian PT Cipta Aset Digital di Kawasan Industri Curug, Kabupaten Tangerang, Banten pada Sabtu (3/9/2022) mengutip dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Dengan sumber daya yang luar biasa saat ini tumbuh 270 juta lebih dan terus meningkat, karenanya pria yang akrab disapa dengan Bamsoet ini menyarankan semua transaksi baik perdagangan dan lainnya didorong untuk menjadi digital, terutama transaksi yang menggunakan kripto untuk menyongsong 4.0. Sebab hal itu dinilai dapat membangun kembali ekonomi Indonesia setelah terdampak pandemi Covid-19.

Kita tidak bisa membiarkan hanya di pasar. kita menyambut baik adanya digital mining atau tambang digital. Kita berusaha untuk menjadi pemain terbesar, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia, ujarnya.

Bamsoet mengatakan bila Indonesia termasuk negara pasar kripto terbesar di dunia, seharusnya hal itu bisa menjadi peluang untuk ikut sebagai pemain utama dalam pasar kripto. Ia pun memaparkan, pada tahun 2021 lalu transaksi digital kripto di Indonesia capaiannya jauh melebihi bursa saham.

Transaksi digital di tahun 2021, hampir menyentuh Rp832 triliun, melampaui transaksi di lantai bursa saham kita yang hanya sekitar Rp332 triliun dan investornya cukup besar dibandingkan pasar modal, terangnya.

Sementara itu, Eksekutif Direktur PT Cipta Aset Digital Budi Sukandi mengatakan, pihaknya hadir di Kabupaten Tangerang sebagai bank digital pertama di Indonesia dan apabila semua pabrik miningkriptomiliknya sudah rampung dibangun akan menjadi bank digital terbesar di dunia.

Saat ini bangunan yang sudah selesai dibangun ada dua, tinggal membangun empat bangunan lagi jadi total ada enam. Yang nantinya akan jadi terbesar di dunia, kata Budi.

Dalam pabrik pencetakuang digitalitu penuh dengan mesin komputer yang ditancapkan VGA (Video Graphic Array) untuk menambang uang digital. Ruangannya pun dilengkapi pendingin untuk mencegah adanya overheat pada mesin yang bekerja tujuh hari 24 jam itu.

Iya, itu salah satu visi dan misi dari top manajemen, kita ingin menjadi leader. Di mana kita pun punya misi adalah menjadi yang terbesar di dunia, ucap dia.

Lebih lanjut, nantinya pabrik digital tersebut akan menyerap tenaga pekerja lebih banyak di kawasan Legok, KabupatenTangerang. Sejauh ini, PT Cipta Aset Digital sendiri telah memperkerjakan 50-60 karyawan dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah.

Menurutnya, saat ini pihaknya hanya memainkan mata uang digital Ethereum (Ether). PT Cipta Aset Digital ini perusahaan mining crypto, menambang beberapa koin dan yang kita lakukan adalah koin Ethereum, kedepannya dengan klasternya kita akan menambang koin yang lain. Saat ini Ether itu sekitar Rp 24 ribu satu koinnya, ungkapnya.

Diketahui, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Finder Crypto Adoption Agustus 2022, kepemilikan aset kripto warga Indonesia mencapai 29,8 juta dengan persentase tingkat kepemilikan di Indonesia mencapai 16 persen atau lebih tinggi dari rata-rata global 15 persen. (Red)

Topik Menarik