BI Ramal The Fed Naikkan Suku Bunga hingga 7 Kali Tahun Ini

BI Ramal The Fed Naikkan Suku Bunga hingga 7 Kali Tahun Ini

Ekonomi | okezone | Kamis, 17 Maret 2022 - 20:23
share

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) meramal The Fed akan menaikkan suku bunga acuan hingga tujuh kali pada 2022. Peningkatan ini termasuk yang sudah dilakukan pada Maret sebesar 25 basis poin.

"Semula, kami perkirakan kenaikan sebanyak lima kali, sehingga ada kemungkinan suku bunga Fed akan naik di setiap pertemuan bulanan untuk sisa tahun ini," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (17/7/2022).

Dari komunikasi yang ada, dia menyebutkan Bank Sentral AS melihat bahwa pertumbuhan ekonomi AS tetap kuat, sehingga adanya kenaikan harga energi yang menyebabkan inflasi Negeri Paman Sam perlu direspons dengan kenaikan suku bunga acuan bank sentral.

BI akan merespons kenaikan suku bunga acuan Fed dengan menjaga imbal hasil atau yield surat berharga negara (SBN) dan nilai tukar rupiah.

Dengan kenaikan suku bunga Fed, Perry menuturkan imbal hasil obligasi AS pun sudah naik dari yang dahulu 1,3% menjadi 1,9%, serta terdapat kemungkinan meningkat hingga 2,1% dan 2,3% pada tahun depan.

"Koordinasi kami dengan Kementerian Keuangan, kalau yield surat utang AS naik tentu saja secara normal imbal hasil SBN Indonesia juga naik. Ini karena mekanisme pasar dalam lelang pasar perdana membawa ke situ," ungkapnya.

Topik Menarik