Apa Benar Menangis Punya Manfaat Kesehatan?

Apa Benar Menangis Punya Manfaat Kesehatan?

Ekonomi | wartaekonomi | Rabu, 23 Februari 2022 - 18:03
share

Dalam hidup, rasanya Anda tidak mungkin menghindari momen yang sedih yang memaksa diri Anda menangis.

Faktanya menangis tidak selalu diindentikan dengan situasi sedih. Ada beberapa situasi yang membuat Anda menangis.

Momen haru bahagia, atau bahkan ketika Anda mengiris bawang untuk memasak, rasa pedih membuat Anda menangis dan mengeluarkan air mata.

Tetapi apakah menangis sendiri berbahaya? Apakah air mata yang keluar punya risiko kesehatan atau justru sebaliknya yakni punya manfaat kesehatan?

Melansir laman kesehatan Healthline, ternyata menangis sangat penting karena memberikan manfaat kesehatan.

Menangis sangat penting untuk kesehatan mata. Ini adalah proses biologis alami yang membantu Anda mengekspresikan dan memproses rasa sakit dan emosi.

Masih dalam sumber yang sama, berikut beberapa manfaat dari menangis.

Melindungi Mata dari Infeksi

Air mata refleks membersihkan kotoran, seperti asap dan debu, dari mata Anda. Air mata yang terus menerus melumasi mata Anda dan membantu melindunginya dari infeksi.

Membantu Menenangkan Diri

Menangis mungkin salah satu mekanisme terbaik Anda untuk menenangkan diri. Peneliti telah menemukan bahwa menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS).

PNS membantu tubuh Anda beristirahat dan mencerna. Namun, manfaatnya tidak langsung. Mungkin perlu beberapa menit untuk mengeluarkan air mata sebelum Anda merasakan efek menenangkan dari menangis.

Meringankan Rasa Sakit Fisik dan Emosional

Menangis untuk waktu yang lama melepaskan oksitosin dan opioid endogen, atau dikenal sebagai endorfin. Bahan kimia yang membuat Anda merasa baik ini dapat membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional.

Meningkatkan Suasana Hati

Selain membantu Anda meredakan rasa sakit, menangis, khususnya terisak, bahkan dapat mengangkat semangat Anda. Saat Anda terisak, Anda menghirup banyak udara sejuk dengan cepat. Menghirup udara yang lebih dingin dapat membantu mengatur dan bahkan menurunkan suhu otak Anda.

Topik Menarik