Loading...
Loading…
Warga Kampung Miliarder di Tuban Keluhkan Uang Habis, Begini Perencanaan Keuangan yang Tepat

Warga Kampung Miliarder di Tuban Keluhkan Uang Habis, Begini Perencanaan Keuangan yang Tepat

Ekonomi | inewsid | Rabu, 26 Januari 2022 - 19:20

JAKARTA, iNews.id - Kampung miliarder di Kabupaten, Jawa Timur viral setahun yang lalu. Namun, kini masyarakatnya menjadi pengangguran dan berunjuk rasa meminta diperkerjakan di Kilang Minyak Pertamina Grass Root Refinery (GRR) Tuban.

Pasalnya, setelah mendapat ganti rugi lahan, warga kampung miliarder ini menggunakan uang tersebut untuk membeli mobil hingga membangun rumah.

CFP Perencana Keuangan OneShildt Financial Independence, Agustina Fitria mengatakan, pentingnya melakukan perencanaan keuangan ketika seseorang mendapatkan rezeki yang tidak biasa dari penghasilan sebelumnya.

Menurutnya, orang yang tidak biasa mendapat atau memegang uang yang banyak akan terlena dengan euforia semata, dan cenderung konsumtif dan mengenyampingkan perencanaan keuangan.

"Kalau mendapat uang yang besar secara tiba-tiba harus dipikirkan lagi, selama itu mereka hidup dari situ atau tidak, kalau dalam kasus ini tanah itu menghidupi mereka atau tidak," ujar Agustina kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (26/1/2022).

Agustina menambahkan, jika uang yang didapat dari menjual apa yang menjadi sumber kehidupan, maka seharusnya uang yang didapat harus dikonversi menjadi sumber penghidupan yang baru.

Baca Juga :
Kami Tidak Kalap, Punya Tabungan, dan Uang Berputar untuk Anak-Cucu

"Misalnya, membeli rumah kemudian dikontrakan, atau membeli kios di pasar kemudian disewakan. Kalau itu daerah wisata, mereka bisa bangun properti, atau kalau di desa bisa membelikan hewan ternak," kata dia.

Menurutnya, perencanaan keuangan menjadi penting untuk menyiapkan kebutuhan keluarga di masa depan, misalnnya pembiayaan sekolah hingga jenjang yang lebih tinggi.

Selain itu, menurutnya seseorang yang mendapatkan rezeki nomplok juga harus membuat perencanaan dana darurat untuk kemudian hari. Sebab, kehidupan penuh dengan ketidakpastian dan terus berbah setiap waktu, seperti dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini.

"Sudah punya belum dana darurat nih, misalnya ketika uang yang didapat tadi dibelikan properti terus tiba-tiba ada pandemi, nah kalau dia punya dana darurat setidaknya cukup untuk menghidupi," ucap Agustina.

Menurutnya, perencanaan keuangan penting untuk disusun agar seseorang bisa hidup sejahtera, tidak hanya hidup untuk saat ini tapi juga untuk masa depan.

"Kita tidak selalu dalam kondisi baik, gunanya perencanaan keuangan itu kita mengantisipasi kondisi-kondisi yang kurang baik," tuturnya.

Baca Juga :
Habis Lebaran Duit Kering? Harus Tahu Tips Punya Finansial Sehat Berikut

Original Source

Topik Menarik

{