Ibu Kota Baru hingga 500.000 PNS Siap Dipindah, Cek 5 Faktanya

Ibu Kota Baru hingga 500.000 PNS Siap Dipindah, Cek 5 Faktanya

Ekonomi | okezone | Minggu, 23 Januari 2022 - 05:37
share

JAKARTA Ibu Kota Negara segera pindah dari DKI Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Pemerintah pun menetapkan nama Ibu Kota Negara (IKN) baru, Nusantara.

Berikut fakta-fakta Ibu Kota Nusantara yang dirangkum di Jakarta, Minggu (23/1/2022).

1. Diberi Nama Nusantara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui Nusantara jadi nama ibu kota baru Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta.

"Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden yaitu pada hari Jumat. Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara," ujarnya.

Sebagai informasi, ibu kota baru RI berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Nama Nusantara ini dipilih bukan tanpa alasan.

"Nama Nusantara dipilih karena kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia," ungkap Suharso.

2. Proyek Infrastruktur yang Pertama Dibangun

Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur segera dibangun. Infrastruktur dasar pun menjadi prioritas pembangunan IKN.

"Kalau perencanaan itu apapun untuk memulai suatu pembangunan infrastruktur, apalagi terkait pembangunan Ibu Kota Negara, maka pasti yang menjadi prioritas adalah infrastruktur dasar," ujar Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara Danis H Sumadilaga, dikutip dari Antara, di Jakarta.

Menurut Danis, infrastruktur sumber daya air menjadi infrastruktur dasar yang disiapkan untuk pembangunan IKN. Sumber daya air di IKN tentu saja memprioritaskan dua hal yakni bagaimana menyiapkan pengendalian potensi banjir melalui pembangunan drainase kawasan. Sedangkan prioritas keduanya memastikan bagaimana sumber air baku untuk IKN bisa terpenuhi secara bertahap.

Topik Menarik