Peringatan Hari Kesadaran Peduli Danau Setiap Tanggal 6 Mei, Ini Tujuannya!

Peringatan Hari Kesadaran Peduli Danau Setiap Tanggal 6 Mei, Ini Tujuannya!

Terkini | depok.inews.id | Selasa, 7 Mei 2024 - 08:30
share

DEPOK, iNewsDepok.id - Tanggal 6 Mei diperingati sebagai Hari Kesadaran Peduli Danau. Walaupun hari ini diperingati di Amerika Serikat dan Kanada, tetapi adanya hari ini untuk membuat orang peduli akan keindahan dan kebersihan danau di dunia ini.

Di Amerika Serikat perayaan ini mengambil tema-tema seperti konvservasi air, pelestarian danau, dan isu-isu terkini lainnya dan mencakup partisipasi akuarium, sekolah, badan pemerintahan, dan bahkan museum.

Merangkum dari National Today, pada tahun 1950, banyak danau yang harus ditutup karena polusi dan kondisi tidak aman.

Diketahui satwa liar di sekitar danau mulai menunjukkan tanda-tanda zat beracun. Akhirnya pada tahun 1970-an, pemerintah Amerika dan Kanada mulai bekerja sama dengan pengendalian polusi di danau-danau ini.

Selain satwa liar, pada Juli 2010 banyak orang melihat dan mendengar berita terkait pipa pecah yang melepaskan 24.000 barel minyak mentah ke anak sungai Kalamazoo, Michigan, atau pada bulan Agustus 2014 ketika 400.000 orang di wilayah Toledo, Ohio, diberitahu untuk tidak meminum air tersebut setelah sianotoksin (racun alami yang sangat kuat) melonjak di Danau Erie. 

Kejadian-kejadian ini kurang mendapat perhatian serta laporan-laporan terkait danau relatif sedikit yang dipublikasikan. Padahal diketahui bahwa danau menyediakan sumber air minum bagi puluhan juta orang Kanada dan Amerika.

Untuk mengatasi masalah lingkungan di Great Lakes, pemerintah Kanada dan Amerika Serikat menandatangani Perjanjian Kualitas Air Great Lakes pada tahun 1972. Perjanjian ini telah direvisi beberapa kali, terakhir pada tahun 2012.

Dalam perjanjian versi 1987, kedua negara berkomitmen untuk menilai kemajuan yang dicapai dalam mencapai tujuan perjanjian.

Sejak saat itu, Great Lakes Awarness Day kemudian ditetapkan pada tahun 2014. Bertujuan agar generasi mendatang tetap harus melestarikan dan menjaga danau di sana. 

Topik Menarik