10 Daftar Negara Tertua, Salah Satunya di Semenanjung Italia

10 Daftar Negara Tertua, Salah Satunya di Semenanjung Italia

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 21:21
share

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Benua Asia menjadi tempat asal beberapa negara tertua di dunia. Saat ini terdapat lebih dari 190 negara yang menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Melansir Oldest, Sejarah peradaban menunjukkan bahwa beberapa negara ini telah ada sejak ribuan tahun SM atau tepatnya 6500 SM. Berikut adalah sepuluh negara tertua di dunia berdasarkan sejarah peradabannya, termasuk lima negara di wilayah Asia.

1. Mesir (6000 SM)

Mesir dianggap sebagai negara tertua di dunia dengan akar peradabannya yang telah ada sejak 6000 SM. Pada saat itu, kelompok pemburu menetap di Lembah Sungai Nil. Dinasti pertama Mesir tercatat pada 3100 SM.

Raja Menes, yang dianggap sebagai pendiri Mesir, memimpin penyatuan Mesir Hulu dan Hilir. Raja Menes adalah seorang pengusaha yang bertanggung jawab atas pembangunan sepanjang Sungai Nil dan mendirikan ibu kota di Memphis, dekat dengan Kairo modern.

2. India (3300 SM)

India telah berpenduduk sejak 3300 SM, dikenal sebagai Periode Weda. Periode ini menjadi titik awal penyebaran ajaran Hindu sebagai aspek kehidupan keagamaan dan kebudayaan di India.

Selanjutnya, India mengalami perkembangan peradaban lain seperti Hinduisme, Buddha, dan Jainisme. India modern baru lahir pada tahun 1947 setelah meraih kemerdekaan dari Kerajaan Inggris.

3. Afghanistan (3000 SM)

Afghanistan juga masuk dalam daftar negara tertua di dunia. Peradaban Lembah Indus dipercaya oleh para arkeolog sebagai koloni pertama di Afghanistan pada awal 3000 SM.

Salah satu kota tertua di dunia, Mundi Gak, didirikan di Afghanistan, khususnya di wilayah Kandahar yang sekarang. Walaupun sempat dipengaruhi oleh Inggris dalam waktu tertentu, Afghanistan menjadi republik Islam presidensial kesatuan sejak 1973.

4. Tiongkok/China (2070 SM)

Peradaban di Tiongkok telah ada sejak 2070 SM saat masih berbentuk kerajaan. Dinasti China pertama yang ditemukan dalam sejarah adalah Dinasti Xia yang berkuasa dari 2070 SM hingga 1600 SM.

Namun, catatan sejarah Tiongkok ditemukan sejak masa Dinasti Shang (1600-1046 SM). Dinasti Qing adalah dinasti terakhir yang berakhir pada tahun 1912, setelah itu Tiongkok menjadi Republik.

5. Georgia (1500 SM)

Georgia merupakan negara di Eropa Timur yang memiliki sejarah panjang. Penguasa awal Georgia diperkirakan berasal dari Kerajaan Colchis dan Kerajaan Karlti/Iberia pada sekitar 1500 SM.

Kedua kerajaan tersebut memiliki peran penting dalam zaman perunggu di Eurasia. Georgia sempat ditaklukkan oleh Muslim pada awal abad ke-7 M, dan kemudian diperintah oleh Persia dan Rusia. Georgia memperoleh kemerdekaan yang sebenarnya pada tahun 1991.

6. Ethiopia (980 SM)

Pemerintahan pertama di Ethiopia didirikan sekitar tahun 980 SM. Bukti mengenai keberadaan Ethiopia sebagai salah satu negara tertua di dunia dapat ditemukan dalam penemuan fosil kerangka yang berusia jutaan tahun.

Sejarah Ethiopia dimulai sejak tahun 10-5 SM ketika Kerajaan D\'Mt berdiri di wilayah utara Ethiopia. Ethiopia merupakan salah satu negara di Afrika yang jarang mengalami penjajahan oleh bangsa asing.

Satu-satunya pendudukan di Ethiopia terjadi saat diktator Italia, Benito Mussolini, berkuasa pada tahun 1930-an.

7. Yunani (800 SM)

Mitologi Yunani menjadi kisah yang sangat populer dan terkenal di seluruh dunia. Yunani telah memiliki peradaban sejak 800 SM.

Orang Yunani telah melahirkan banyak seniman, teknokrat, politikus, dan tokoh penting lainnya. Peradaban Yunani mencapai puncaknya pada periode Archaic, di mana masyarakat Yunani mencapai kemajuan yang signifikan dalam sains, seni, teknologi, sastra, hukum, dan sistem politik.

Yunani juga dianggap sebagai pencipta dasar-dasar konsep revolusioner di dunia.

8. Jepang (660 SM)

Jepang juga termasuk dalam negara-negara tertua di dunia dengan sejarah yang dimulai sejak tahun 660 SM. Menurut legenda, Kaisar Jimmu, yang merupakan keturunan langsung Dewi Matahari, Amaterasu, adalah kaisar Jepang pertama.

Kaisar Jimmu memimpin Jepang dalam dua periode awal, yaitu Kojiki dan Shoki. Meskipun sejarawan menganggap Kaisar Jimmu sebagai mitos dan legenda karena minimnya bukti konkret tentang keberadaannya, warga Jepang tetap memperingati Hari Kenaikan Kaisar Jimmu setiap tanggal 11 Februari.

9. Iran (550 SM)

Iran, yang dulunya dikenal sebagai Persia, termasuk dalam daftar negara tertua di dunia dengan berdirinya pada tahun 550 SM. Cyrus the Great (Cyrus II) mendirikan Kekaisaran Persia pertama, yaitu Kekaisaran Akhemeniyah, setelah menundukkan Babilonia, Media, dan Lydia.

Namun, kekaisaran ini hanya berkuasa hingga tahun 330 SM setelah ditaklukkan oleh Alexander the Great. Revolusi Iran pada tahun 1979 mengakhiri monarki dan membawa perubahan peradaban modern di Iran.

10. San Marino (310 M)

San Marino, negara terakhir dalam daftar negara tertua di dunia, didirikan secara resmi pada tanggal 3 September 301 M. Saat itu, Saint Marinus membangun sebuah gereja di Monte Titano.

Gereja tersebut kemudian berkembang menjadi kota San Marino. San Marino merupakan salah satu negara terkecil di dunia dan terletak di semenanjung Italia.

Negara ini memiliki perekonomian yang kuat, berbasis pariwisata, keuangan, jasa, dan industri. San Marino juga dikenal sebagai negara Eropa dengan tingkat pengangguran terendah, tanpa utang nasional, dan memiliki surplus anggaran.

Demikianlah informasi mengenai deretan negara tertua di dunia.

Topik Menarik