Mengapa Jepang Menjual Jet Tempur Generasi Masa Depan ke Negara Lain?

Mengapa Jepang Menjual Jet Tempur Generasi Masa Depan ke Negara Lain?

Berita Utama | sindonews | Kamis, 28 Maret 2024 - 23:15
share

Kabinet Jepang menyetujui rencana untuk menjual jet tempur generasi masa depan ke negara-negara lain pada hari Selasa, sebuah langkah terbaru yang menyimpang dari prinsip-prinsip pasifis yang diadopsi negara tersebut pada akhir Perang Dunia II.

Keputusan kontroversial yang mengizinkan penjualan senjata internasional diperkirakan akan membantu mengamankan peran Jepang dalam proyek pengembangan jet tempur baru bersama dengan Italia dan Inggris, yang telah berlangsung selama satu tahun. peranannya dalam urusan global.

Untuk saat ini, Tokyo mengatakan bahwa mereka tidak berencana untuk mengekspor senjata mematikan yang dikembangkan bersama selain pesawat tempur baru, yang diperkirakan baru akan mulai beroperasi pada tahun 2035.

Berikut ini adalah perubahan terkini dan alasan Jepang dengan cepat melonggarkan aturan ekspor senjata.

Mengapa Jepang Menjual Jet Tempur Generasi Masa Depan ke Negara Lain?

1. Merespons Ketegangan Regional

Foto/Reuters

Pada hari Selasa, Kabinet menyetujui revisi pedoman penjualan peralatan pertahanan di luar negeri, dan mengizinkan penjualan jet masa depan. Pemerintah mengatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk mengekspor senjata mematikan lainnya yang dikembangkan bersama berdasarkan pedoman tersebut, dan hal ini memerlukan persetujuan Kabinet untuk melakukannya.

Padahal, Jepang telah lama melarang sebagian besar ekspor senjata berdasarkan konstitusi pasifis negara tersebut, meskipun Jepang mulai mengambil langkah-langkah menuju perubahan di tengah meningkatnya ketegangan regional dan global.

Pada tahun 2014, mereka mulai mengekspor sejumlah perlengkapan militer yang tidak mematikan, dan pada bulan Desember lalu, mereka menyetujui perubahan yang memungkinkan penjualan 80 senjata dan komponen mematikan yang diproduksi di bawah lisensi dari negara lain kembali ke pemberi lisensi. Perubahan tersebut, yang dilakukan pada bulan Desember, membuka jalan bagi Jepang untuk menjual rudal Patriot rancangan AS ke Amerika Serikat, membantu menggantikan amunisi yang dikirim Washington ke Ukraina.

Keputusan mengenai jet akan memungkinkan Jepang untuk mengekspor senjata mematikan yang mereka produksi bersama ke negara lain untuk pertama kalinya.

2. Kerja Sama dengan Italia dan Inggris Mengembangkan F-2

Jepang bekerja sama dengan Italia dan Inggris untuk mengembangkan jet tempur canggih untuk menggantikan armada pesawat tempur F-2 rancangan Amerika yang sudah tua, dan Eurofighter Typhoon yang digunakan oleh militer Inggris dan Italia.

Jepang, yang sebelumnya sedang mengerjakan desain buatan dalam negeri yang disebut F-X, pada bulan Desember 2022 setuju untuk menggabungkan upayanya dengan program Inggris-Italia yang disebut Tempest. Proyek gabungan tersebut, yang dikenal sebagai Global Combat Air Program, berbasis di Inggris, dan belum mengumumkan nama baru untuk desainnya.

Jepang berharap pesawat baru ini akan menawarkan kemampuan penginderaan dan siluman yang lebih baik di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan, sehingga memberikan keunggulan teknologi dibandingkan pesaing regionalnya, Tiongkok dan Rusia.

3. Ditekan Inggris

Foto/Reuters

Dalam keputusannya, Kabinet mengatakan bahwa larangan mengekspor produk jadi akan menghambat upaya pengembangan jet baru, dan membatasi peran pendukung Jepang dalam proyek tersebut. Italia dan Inggris sangat ingin menjual jet tersebut untuk membiayai biaya pengembangan dan produksi.

Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps telah berulang kali mengatakan Jepang perlu memperbarui agar tidak menyebabkan proyek terhenti.

Kishida meminta persetujuan Kabinet sebelum menandatangani perjanjian GCAP pada bulan Februari, namun hal itu tertunda karena adanya perlawanan dari mitra koalisi juniornya, partai Komeito.

Ekspor juga akan membantu meningkatkan industri pertahanan Jepang, yang secara historis hanya melayani Pasukan Bela Diri negara tersebut, seiring dengan upaya Kishida untuk membangun militer. Jepang mulai membuka pintu ekspor pada tahun 2014, namun industri ini masih kesulitan mendapatkan pelanggan.

Perubahan ini juga terjadi ketika Kishida merencanakan kunjungan kenegaraan pada bulan April ke Washington, di mana ia diperkirakan akan menekankan kesiapan Jepang untuk mengambil peran lebih besar dalam kemitraan industri militer dan pertahanan.

Jepang memandang pesatnya pembangunan militer Tiongkok dan meningkatnya ketegasan Tiongkok sebagai ancaman, terutama meningkatnya ketegangan di Laut Cina Timur dan Selatan yang disengketakan. Jepang juga melihat peningkatan latihan militer gabungan antara Tiongkok dan Rusia di sekitar Jepang sebagai ancaman.

4. Menjual Jet Tempur. tapi Tak Boleh Digunakan Berperang

Karena masa lalunya sebagai agresor dan kehancuran yang terjadi setelah kekalahannya dalam Perang Dunia II, Jepang mengadopsi konstitusi yang membatasi militernya untuk membela diri dan telah lama menerapkan kebijakan ketat untuk membatasi transfer peralatan dan teknologi militer serta melarang semua ekspor.

Anggota parlemen oposisi dan aktivis pasifis mengkritik pemerintahan Kishida karena berkomitmen pada proyek jet tempur tanpa menjelaskan kepada publik atau meminta persetujuan untuk perubahan kebijakan besar.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan opini masyarakat terbagi mengenai rencana tersebut.

Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, pemerintah saat ini membatasi ekspor senjata mematikan yang dikembangkan bersama ke jet tempur tersebut, dan berjanji bahwa tidak ada penjualan yang akan dilakukan untuk digunakan dalam perang aktif. Jika pembeli mulai menggunakan jet tersebut untuk berperang, Menteri Pertahanan Minoru Kihara mengatakan, Jepang akan berhenti menyediakan suku cadang dan komponen lainnya.

5. 15 Mengantre Membeli Jet Tempur Jepang

Pasar potensial untuk jet ini mencakup 15 negara yang memiliki perjanjian kemitraan pertahanan dengan Jepang, seperti Amerika Serikat, Jerman, India, dan Vietnam. Seorang pejabat pertahanan mengatakan Taiwan sebuah pulau dengan pemerintahan sendiri yang diklaim Tiongkok sebagai wilayahnya tidak dipertimbangkan. Dia berbicara dengan syarat anonim karena aturan pengarahan.

Lebih banyak senjata dan komponen dapat ditambahkan ke daftar yang disetujui berdasarkan pedoman ekspor baru.

Ketika Kishida berkunjung ke Washington pada bulan April, dia kemungkinan akan berbicara dengan para pemimpin AS tentang potensi kerja sama industri pertahanan dan senjata baru. Kebijakan baru ini juga dapat membantu Jepang mendorong peran yang lebih besar dalam aliansi dan kemitraan pertahanan regional seperti Australia, A.S., dan AUKUS Inggris.

Topik Menarik