Kapan Malam Lailatul Qadar 2024? Yuk Cari Tahu!

Kapan Malam Lailatul Qadar 2024? Yuk Cari Tahu!

Berita Utama | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 18:32
share

JAKARTA, iNews.id - Kapan malam Lailatul Qadar 2024 jadi informasi yang paling dicari akhir-akhir ini. Ramadhan merupakan momen yang paling dinantikan oleh umat Muslim.

Terdapat salah satu momen penting yang terjadi di bulan Ramadhan, yakni Lailatul Qadar. Menurut para ulama, malam ini lebih baik dari 1000 bulan.

Menurut situs Kemenag RI (Kementerian Agama), Lailatul Qadar adalah malam ketika Allah Subhanahu Wata'ala menurunkan Al-Qur'an pertama kali kepada Nabi Muhammad Shalallahu Allaihi Wassalam melalui perantara Malaikat Jibril.

Kapan Malam Lailatul Qadar 2024?

Masih menurut situs Kemenag RI, Selasa (26/3/2024), para ulama berpendapat jika malam Lailatul Qadar terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Adapun, waktunya terjadi pada malam 21, 23, 25, 27, dan 29.

Sedangkan, menurut hasil sidang isbat Kemenag, 10 hari terakhir di bulan Ramadhan 2024 dimulai pada 31 Maret 2024. Di sisi lain, hasil hisab PP Muhammadiyah menyebut 10 hari terakhir Ramadhan dimulai pada 30 Maret 2024.

Berdasarkan pendapat para ulama, berikut perkiraan jadwal malam Lailatul Qadar di Ramadhan 2024:

1. Malam ke-21 Ramadhan atau Minggu (31/3) malam hingga Senin (1/4) dini hari.
2. Malam ke-23 Ramadhan atau Selasa (2/4) malam hingga Rabu (3/4) dini hari.
3. Malam ke-27 Ramadhan atau Sabtu (6/4) malam hingga Minggu (7/4) dini hari.
4. Malam ke-29 Ramadhan atau Senin (8/4) malam hingga Selasa (9/4) dini hari.

Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar

Tanda-tanda malam Lailatul Qadar telah dijelaskan dalam laman Badan Amil Zakat Nasional, yakni sebagai berikut:
1. Matahari Terbit Tidak Terlalu Panas

Salah satu tanda-tanda malam Lailatul Qadar adalah matahari yang terbit di pagi hari tidak terlalu panas dan cenderung meredup. Tampak terang namun cuaca di hari itu sangat sejuk.

Sebagaimana dijelaskan dalam suatu hadits riwayat Muslim, Rasulullah bersabda,

"..Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya mataharinya terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot." (HR. Muslim no. 762).

2. Angin Berhembus Lembut

Malam Lailatul Qadar ditandai dengan angin berhembus yang lembut. Ini sebagai salah satu kenikmatan yang Allah Shubhanahu Wata'ala berikan kepada hambaNya di bulan Ramadhan.

3. Malam Hari Tampak Terang

Malam hari tampak terang atau cerah di saat malam Lailatul Qadar. Meski begitu, malam tersebut tidaklah terlalu panas maupun dingin. Sebagaimana Rasulullah sabdakan dalam suatu hadits,

"...Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu." (HR. Ahmad).

Itulah ulasan mengenai kapan malam Lailatul Qadar 2024. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik