Mahfud MD Tegaskan Belum Saatnya Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran: Ketuk Palu Dulu

Mahfud MD Tegaskan Belum Saatnya Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran: Ketuk Palu Dulu

Berita Utama | inews | Senin, 25 Maret 2024 - 14:55
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3 Mahfud MD menyatakan belum saatnya memberikan  selamat kepada Capres-Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo-Gibran atas kemenangan di Pilpres 2024. Pasalnya, kemenangan Pilpres 2024 dapat dipastikan setelah ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas pengajuan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) sengketa Pilpres 2024.

“Kami menahan diri. Ketuk palu dulu supaya rakyat melihat teater hukum tata negara. Jika harus itu keputusannya, maka sebagai anak bangsa kami berjiwa besar,” kata Mahfud dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (25/3/2024).

Dia menegaskan, paslon nomor 3 belum kalah dalam Pilpres 2024. Berdasarkan mekanisme yang disediakan konstitusi dan prosedur hukum, masih cukup jauh untuk menentukan kekalahan dan kemenangan.

Hal ini, kata dia, karena masih ada jalur hukum di MK dan jalur politik berupa hak angket untuk memproses dugaan kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) pada proses Pilpres 2024.

Apa pun hasil peradilan MK, kata Mahfud, akan tetap menempuh jalur hukum. Karena bagi orang yang belajar hukum tata negara, MK menjadi panggung teater untuk penyadaran hukum bagi masyarakat di seluruh dunia.

“Ini untuk mengedukasi agar masyarakat mengetahui masalahnya. Nanti akan terjadi perdebatan di panggung MK,” ujarnya.

Topik Menarik