Pesona Alam Pantai Nampu Wonogiri, Dikelilingi Bukit Karst di Pesisir Selatan Jawa

Pesona Alam Pantai Nampu Wonogiri, Dikelilingi Bukit Karst di Pesisir Selatan Jawa

Berita Utama | semarang.inews.id | Minggu, 24 Maret 2024 - 09:00
share

WONOGIRI, iNewsSemarang.id Pantai Nampu, destinasi wisata bahari yang mungkin belum begitu populer bagi wisatawan. Namun keindahan alamnya tidak boleh diabaikan.

Meski tidak sepopuler pantai lain di Nusantara, pantai ini memiliki pesona alam yang tidak kalah dari pantai lainnya.

Dikelilingi oleh bukit karst yang khas di pantai selatan, Pantai Nampu memiliki karakteristik yang hampir identik dengan pantai-pantai lain di wilayah tersebut.

Pasir putih dan garis pantainya yang panjang menambah keelokan pantai ini. Pantai Nampu merupakan salah satu destinasi pantai yang paling populer di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Bagi para pencinta wisata pantai, mengunjungi Wonogiri tanpa singgah di Pantai Nampu akan terasa kurang lengkap.

Selain menawarkan pemandangan yang memesona, keunikan wisata pantai ini juga layak untuk dinikmati.

Dikelilingi oleh bukit karst, Pantai Nampu sebenarnya terdiri dari tiga pantai, namun pantai utamanya menjadi favorit dan sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Keindahan alam yang ditawarkan oleh Pantai Nampu membuatnya menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan bagi para penggemar keindahan alam dan wisata pantai.

Pantai ini memukau dengan air laut yang bersih dan pasir putih, dipadukan dengan nuansa biru hijau yang eksotis, serta deretan batu yang kokoh menambah pesona pantai. Suara ombak yang menghantam bebatuan menciptakan suasana yang sejuk.

Terletak di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, objek wisata ini dapat dicapai dengan jarak tempuh sekitar 2 jam dari Kota Yogyakarta melalui rute selatan.

Sekitar 2 jam 9 menit dengan 78 kilometer dari pusat Kota Wonogiri melalui Jalan Raya Solo-Pacitan, dan sekitar 2 jam 43 menit dengan 92 kilometer dari pusat Kota Solo melalui Jalan Raya Solo-Pacitan.

Akses jalan menuju pantai ini tergolong baik, karena melewati jalan kabupaten yang telah diperbaiki. Pantai Nampu Wonogiri layak menjadi destinasi untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menikmati pesona pantai yang belum begitu tersentuh oleh banyak orang.

Pengunjung hanya perlu membayar Rp5.000 per orang untuk menikmati keindahan alam pantai ini. Sementara itu, untuk parkir kendaraan, tarifnya adalah Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Baik saat hari biasa, akhir pekan, maupun hari libur, harga tiket tetap sama.

Meski harga tiket sangat terjangkau, pantai ini belum dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri, melainkan masih diurus oleh masyarakat setempat. Dengan harga tiket yang murah, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas pantai seperti berenang dan bermain air.

Namun, perlu diingat bahwa ombak di Pantai Selatan Jawa cenderung kuat, sehingga para pengunjung perlu berhati-hati. Selain berenang, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas pantai lainnya yang menarik.

Di pinggir pantai, anda bisa bermain dengan aman sambil menikmati air sebening kristal. Kini, telah dibangun berbagai fasilitas pendukung yang semakin memanjakan pengunjung, mengingat semakin populernya Pantai Nampu.

Salah satu fasilitas utama yang tersedia adalah berbagai warung makanan yang menyajikan beragam kuliner. Pengunjung dapat menikmati hidangan khas pantai serta minuman segar seperti minuman kelapa segar yang terkenal.

Es kelapa yang disajikan pun memiliki rasa yang benar-benar segar karena langsung diambil dari pohonnya. Selain itu, banyak pedagang menjajakan mi instan sebagai alternatif.

Bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama, tersedia juga lokasi berkemah di sekitar pantai.

Suasana pantai yang cantik di Wonogiri dapat dinikmati dengan mendirikan tenda di perbukitan sekitar pantai, yang akan semakin indah saat malam hari dengan lampu-lampu perahu nelayan yang berkelap-kelip di atas lautan.

Untuk kenyamanan pengunjung, tersedia banyak gazebo sebagai tempat istirahat sambil menikmati keindahan pantai. Di gazebo-gazebo ini, anda dapat bersantai dan menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain itu, fasilitas toilet umum juga disediakan untuk kenyamanan pengunjung setelah bermain air di laut.

Topik Menarik