Sah Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Belum Bisa Tampi saat Lawan Vietnam

Sah Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Belum Bisa Tampi saat Lawan Vietnam

Berita Utama | palembang.inews.id | Selasa, 19 Maret 2024 - 20:15
share

JAKARTA, iNewspalembang.id – Dua pemain naturalisasi, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), usai menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin (18/1/2024).

Thom Haye mengaku puas dan bangga, karena akhirnya bisa menyelesaikan semua proses yang panjang ini. Apalagi, setelah dia bermain di Heerenveen, dalam waktu 24 jam, langsung terbang ke Indonesia.    

"Saya langsung ke bandara. Saya terbang 18 jam ke Indonesia). Sekarang saya ke sini dan selesai. Saya senang, terima kasih atas dukungan (kepada pendukung timnas Indonesia dan semua pihak). Saya berharap bisa berkontribusi untuk kemajuan timnas Indonesia,” ujar dia.

Senada dengan Ragnar Oratmangoen, yang sangat senang akhirnya pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia tersebut benar-benar terjadi.

"Saya mengambil sumpah dan itu benar-benar terjadi. Saya ingin mencapai Piala Dunia tentunya (bersama timnas Indonesia). Bisa membantu tim yang dihuni pemain muda," tegas dia. 

Usai prosesi tersebut, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga menyatakan, setelah pengambilan sumpah, proses berikutnya pembuatan KTP, kemudian Kanwil Imigrasi Jakarta dan yang ada di Soekarno-Hatta yang setelah ini mendukung pembuatan paspor.

“Semoga proses ini bisa berjalan dengan cepat. Jadi ini semua cepat sekali. Pastinya, Ragnar tadi sore mendarat, sementara Thom Haye baru mendarat di Jakarta sekitar pukul 21.00 WIB Jakarta dan langsung ke Kemenkumham," ungkap dia.

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen termasuk pemain yang dipanggil Shin Tae-yong dalam daftar 26 pemain yang diproyeksikan menghadapi Vietnam.

Hanya saja, Haye dan Ragnar belum bisa bermain pada laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Karena keduanya harus berpindah federasi terlebih dahulu dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia), agar bisa bermain bersama skuad Garuda. Namun, keduanya diupayakan PSSI bisa bermain saat melawan Vietnam di My Dinh Stadium, Hanoi, 26 Maret mendatang.

Topik Menarik