Pengiriman Pasukan NATO ke Ukraina Berisiko Memicu Perang Dunia Ketiga

Pengiriman Pasukan NATO ke Ukraina Berisiko Memicu Perang Dunia Ketiga

Berita Utama | tangsel.inews.id | Sabtu, 16 Maret 2024 - 21:44
share

ITALIA, iNewsTangsel.id - Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani menyatakan bahwa mengirim pasukan NATO ke Ukraina berpotensi memicu Perang Dunia Ketiga.

"Tidak seharusnya NATO masuk ke Ukraina. Itu akan menjadi sebuah kesalahan," ujar Tajani di Verona, Italia Utara, seperti melansir Anadolu.

"Kita harus membantu Ukraina untuk bertahan, tetapi masuk ke negara itu untuk berperang melawan Rusia berisiko memicu Perang Dunia Ketiga," tambahnya.

Pernyataan dari Menteri Luar Negeri muncul setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron mengusulkan pengiriman pasukan untuk membela Ukraina dari agresor.

"Tentara kami ahli dalam tugas mereka, melindungi kapal kami di Laut Merah, atau menjalankan misi perdamaian dan kebebasan di Lebanon, Afrika, dan Irak," kata Tajani.

Tajani juga menyoroti konflik yang tengah terjadi di Gaza dengan menyatakan bahwa Italia perlu bekerja sama dengan negara-negara Muslim moderat seperti Mesir untuk mencapai kesepakatan perdamaian di Jalur Gaza.

"Mesir memiliki peran penting dalam upaya mencapai kesepakatan yang akan membawa perdamaian di Gaza. Mesir, seperti Qatar, menjadi negara kunci untuk stabilitas di kawasan ini dan Mediterania," katanya, Jumat (15/3/2024).

Topik Menarik