Hasil Final Australian Open 2023: Comeback Manis Antar Aryna Sabalenka Raih Gelar Grand Slam Perdana

Hasil Final Australian Open 2023: Comeback Manis Antar Aryna Sabalenka Raih Gelar Grand Slam Perdana

Berita Utama | skor.id | Sabtu, 28 Januari 2023 - 18:14
share

SKOR.id - Partai final tunggal putriturnamen tenis Grand Slam AustralianOpen 2023 baru saja tuntas digelar di Rod Laver Arena pada Sabtu (28/1/2023).

Aryna Sabalenka yang datang dengan status unggulan kelima berhasil keluar sebagai kampiun usai mengatasi perlawanan Elena Rybakina yang duduk sebagai seed ke-22.

Elena Rybakina sejatinya mampu lebih dulu merebut set pertama. Namun, juara Wimbledon 2022 itu mulaidibuat kerepotan oleh Aryna Sabalenka pada pertengahan set kedua.

Setelah melewati duel tiga set berdurasi2 jam 28 menit, Aryna Sabalenka akhirnyasukses memenangi partai final Australian Open 2023 dengan kemenangan 4-6, 6-3, 6-4.

Jalannya Pertandingan

Setelah berbagi angka imbang 1-1, Elena Rybakina mendapat momentum dengan melakukan break pada gim ketiga.

Petenis Kazakshtan itu kemudian mampu memaksimalkan jatah servis-nya pada gim keempat untuk unggul 3-1.

Akan tetapi, Aryna Sabalenka tak tinggal diam. Ia akhirnyabalas melakukan break pada gim kedelapan yang membuat skor kembali imbang dalam kedudukan 4-4.

Namun, Rybakina kembali merebut momentumdenganmelakukan break back dan mengamankan gim ke-10 untuk menutup set pertama dengan skor 6-4.

Bagi Sabalenka, ini jadi kali pertama dirinya kehilangan set setelah membuka 2023 dengan rentetan 10 kemenangan straight set dalam dua turnamen di Negeri Kanguru.

Sabalenka pun seolah terlecut dengan hasil itu. Petenis Belarus itu pun tampil menggebrak pada set kedua dan mampu unggul 4-1 memanfaatkan momentum break pada gim keempat.

Unggul tiga gim membuat Sabalenka lebih leluasa mengatasi tekanan Rybakina yang terus mencoba melakukan break balasan.

Namun, break yang diusahakan oleh Rybakina itu tak kunjung tercipta sehingga akhirnya Sabalenka mampu memenangi set kedua dengankedudukan 6-3.

Sebagai catatan,ini jadi kali ke-20 sejak memasuki open erapada 1969 di mana laga puncak tunggal putriAustralian Open harus ditentukan lewat duel set ketiga.

Kembali ke pertandingan. Kedudukan imbang membuat duel antara Rybakina dengan Sabalenka berlangsung alot di set penentuan.

Kedua petenis pun silih berganti memenangi gim dengan memaksimalkan kesempatan dalam melakukan service .Kondisi ini berlangsung hingga kedudukan 3-3.

Memasuki gim ketujuh, momentum laga berubah setelah Sabalenka berhasil mematahkan servis Rybakina untukmengambil alih kepemimpinan laga dengan unggul 4-3.

Break yang dilakukan Sabalenka itu sangat penting karena jadi faktor pembeda yang mengantarnya untuk meraih kemenangan.

Sebab, Rybakina tak kunjung bisa membalas break sedangkan Sabalenka terus memaksimalkan jatah servisnya termasuk pada gim ke-10 untuk menutup set ketiga dengan 6-3.

Aryna Sabalenka pun keluar sebagai juara Australian Open 2023 usai mengalahkan Elena Rybakina dengan skor akhir 4-6, 6-3, 6-4.

Bagi Aryna Sabalenka, kemenangan ini sangat bersejarah karena berbuah gelar Grand Slam perdana sepanjang kariernya sebagai pemain tunggal putri.

Permpuan 24 tahun tersebut sebelumnya pernah jadi juara US Open 2019 dan Australian Open 2021. Namun, gelar itu diraih dari nomor ganda putri.

Selain itu, kemenangan atas Elena Rybakina memperpanjang rekortak terkalahkan Aryna Sabalenka dalam 11 laga yang dilakoninya pada awal 2023.

Kemenangan hari ini juga membuat Aryna Sabalenka mempertajam rekor apiknya saat bertemu Elena Rybakina dengan selalu menang tiga set dalam empat pertemuan yang terjadi.

Aryna Sabalenka pun jadi petenis tunggal putri kedua asal Belarus yang jadi juara Grand Slam menyusul langkah Victoria Azarenka yang merupakan kampiun Australian Open 2012 dan 2013.

Australian Open 2023: Novak Djokovic Tanpa Hambatan ke Final

Aryna Sabalenka Berharap Panitia Wimbledon Melunak soal Atlet Rusia dan Belarus

&

Topik Menarik