Preview Brasil vs Swiss: Batu Sandungan Itu Bernama La Nati

Preview Brasil vs Swiss: Batu Sandungan Itu Bernama La Nati

Berita Utama | jawapos | Senin, 28 November 2022 - 18:30
share

JawaPos.com - Brasil menghadapi Swiss pada laga kedua di Grup G Piala Dunia 2022 pada Senin (28/11) malam WIB. Bagi Tim Samba--julukan Brasil, laga melawan La Nati--julukan Timnas Swiss, bukanlah laga yang mudah.

Bagi Brasil, La Nati ibarat batu sandungan. Maklum saja, di pentas Piala Dunia, Brasil belum pernah menang ketika bersua Swiss. Dari dua pertemuan, semuanya berakhir dengan skor imbang. Pertemuan pertama di Piala Dunia terjadi pada 1950. Kala itu, di penyisihan grup, Brasil ditahan imbang 2-2 oleh Swiss.

Pertemuan kedua terjadi di Piala Dunia 2018 di Rusia. Dalam penyisihan Grup E, Brasil ditahan imbang Swiss dengan skor 1-1.

Ini menjadi pertemuan ketiga Brasil dan Swiss di ajang Piala Dunia. Wajar jika pelatih Timna Brasil, Tite, perlu mewaspadai Swiss. Terlebih Swiss pernah mengalahkan Brasil di laga persahabatan pada 1989 dan 2013.

Selain itu, dalam laga nanti Tim Samba tak diperkuat superstar Neymar yang absen karena cedera saat melawan Serbia pada laga pertama. Brasil juga tidak akan diperkuat bek sayap Danilo yang cedera pergelangan kaki saat melawan Serbia.

Hanya saja, tim sekelas Brasil kehilangan satu atau dua pemain seolah tidak berpengaruh. Skuad mereka dihuni talenta-talenta berbakat yang bisa menggantikan peran pemain inti. Pelatih Tite memiliki banyak opsi sebagai pengganti Neymar. Rodrygo akan menjadi opsi pertama jika Tite memutuskan menggunakan sistem yang sama dengan empat pemain depan bersama Vinicius, Richarlison, dan Raphinha.

Pilihan lainnya adalah memasangkan Fred dengan Casemiro untuk memperkuat lini tengah yang saat bersamaan memajukan posisi Lucas Paqueta sebagai playmaker.

Namun, tanda tanya terbesar adalah mengenai pengganti Danilo. Maklum saja, pemain veteran berusia 39 tahun Dani Alves menjadi satu-satunya bek kanan yang tersedia. Tite mungkin memasang bek tengah Real Madrid Eder Militao sebagai pengganti Danilo.

Sementara itu, pelatih Swiss Murat Yakin telah mengubah orientasi skuadnya yang sebelum ini bertumpu kepada lima bek menjadi empat bek. Yakin senang kemenangan 1-0 atas Kamerun membuat timnya mencatat clean sheet kedua dalam 10 pertandingan terakhirnya.

Mereka hanya sekali kebobolan dalam enam kualifikasi terakhir setelah Euro 2020. Jadi tidak ada keraguan mereka bakal menyulitkan Brazsil seperti yang mereka lakukan pada Piala Dunia 2018.

Rekor Pertemuan di Piala Dunia
Brasil 1-1 Swiss (17 Juni 2018, Piala Dunia 2018)
Brasil 2-2 Swiss (28 Juni 1950, Piala Dunia 1950)

Perkiraan Susunan Pemain
Brasil (4-3-3): Alisson Becker; Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro; Casemiro, Fred, Lucas Paqueta; Raphinha, Richarlison, Vinicius Junior
Pelatih: Tite

Swiss (4-3-3): Yann Sommer; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka, Djibril Sow; Xherdan Shaqiri, Breel Embolo, Ruben Vargas
Pelatih: Murat Yakin

Statistik:
Ini pertemuan ketiga Brasil dan Swiss di ajang Piala Dunia.
Dalam 9 laga merlawan Swiss, Brasil mencatatkan 3 kemenangan, 4 seri, dan 2 kekalahan.
Brasil tak terkalahkan selama kualifikasi Piala Dunia 2022.
Swiss lolos ke fase knockout dalam tiga dari empat Piala Dunia terakhirnya pada 2006, 2014, dan 2018.
Brasil tak lagi mencapai final sejak menjuarai Piala Dunia 2002.
Swiss tidak terkalahkan selama kualifikasi dan menjadi juara grup.

Topik Menarik