Kurt Cobain Ditemukan Tim SAR Gabungan di Sungai Brantas Malang

Kurt Cobain Ditemukan Tim SAR Gabungan di Sungai Brantas Malang

Berita Utama | surabaya.inews.id | Selasa, 26 Maret 2024 - 23:59
share

MALANG, iNewsSurabaya.id - Kurt Cobain (4) akhirnya ditemukan keberadaannya oleh tim SAR gabungan di aliran sungai Brantas, kecamatan Blimbing, kabupaten Malang, pada hari keempat pencarian, pada Selasa (26/4/2024) sekitar pukul 16.30 WIB.

Saat ditemukan tim SAR gabungan di lokasi yang berjarak sekitar 2,3 kilometer dari lokasi kejadian, kondisi Kurt Cobain sudah meninggal dunia. Jenazahnya kemudian dievakuasi dan diserahkan kepada pihak keluarga korban.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi mengatakan, sebelumnya dalam upaya pencarian korban mulai hari pertama, tim SAR gabungan telah mengerahkan SRU air dan SRU darat untuk melakukan pencarian.

Hariyadi menjelaskan, SRU air melakukan pencarian dengan dua metode. Pertama, melakukan penyisiran dengan berjalan menyusuri bagian sungai yang dangkal. SRU air kedua, melakukan pencarian di bagian sungai yang lebih dalam dan berarus deras, dengan menggunakan perahu rafting dan kayak.

Pada saat yang bersamaan, satu SRU darat melakukan pemantauan darat di beberapa titik di sepanjang aliran sungai Brantas. Mereka membentuk jejaring komunikasi untuk memantau tanda-tanda keberadaan korban.

Untuk memaksimalkan proses pencarian, lanjut Hariyadi, tim Kantor SAR Surabaya juga melakukan pencarian udara dengan menggunakan drone thermal yang memiliki kemampuan khusus untuk mendeteksi suhu obyek secara akurat.

"Selain diharapkan dapat menemukan posisi korban, jika terdeteksi suhu panas dan bentuknya, drone ini juga dapat berfungsi untuk mengetahui kondisi di area depan yang akan disisir oleh SRU yang bergerak," terangnya.

Selain tim Kantor SAR Surabaya, sejumlah unsur SAR juga ikut terlibat dalam proses pencarian korban, diantaranya tim BPBD kota Malang, Polsek dan Koramil Blimbing, SAR Pakem, SAR MTA, SAR Kanjuruhan, SAR Samudera, SAR RTA, Bumi Ayu, MSR, KNDJH, PPMR, EsTehAnget, PMI, 7lung, SAR Bululawang, SAR Bhayangkara, Popeye, Celeng, Bareng, Redkar, SIR, SAR Trenggono, Box, Lintamal, SAR Awangga, IEA, WLP, BPOMR, Hujung Galuh Rescue, dan unsur SAR lainnya.

Topik Menarik