Begini Cara Mengobati Batuk Kering, Bisa Lakukan Langkah Ini

Begini Cara Mengobati Batuk Kering, Bisa Lakukan Langkah Ini

Terkini | banten.inews.id | Kamis, 25 April 2024 - 10:40
share

SERANG, iNewsBanten - Lebih mudah Cara mengobati batuk kering  Bahannya juga mudah didapatkan dan bisa dilakukan di rumah.

Batuk kering seringkali muncul sebagai gejala flu maupun beberapa penyakit lain. Meskipun terkesan tidak berbahaya, namun kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat mengganggu waktu istirahat maupun berkegiatan.

Batuk kering atau batuk tidak produktif, yaitu batuk yang tidak disertai lendir atau dahak. Batuk jenis ini menimbulkan sensasi geli atau gatal di tenggorokan dan biasanya disebabkan oleh flu, alergi, naiknya asam lambung atau flu, bahkan Covid-19.

Jika tidak ditangani dengan tepat, batuk kering akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membaik dan mengganggu aktivitas. Untuk mengobati batuk kering, bisa melakukan beberapa cara.

Berikut 6 cara mengobati batuk kering:

1. Mengkonsumsi air putih

Pilek atau flu dapat memicu terjadinya postnasal drip. Kondisi ini merupakan meningkatnya produksi lendir yang mengalir dari bagian belakang hidung ke tenggorokan, sehingga menyebabkan batuk kering.

Batuk kering dapat diringankan dengan minum air putih minimal 8 gelas perhari. Mengonsumsi air putih dapat mengurangi penumpukan lendir, melembabkan tenggorokan serta meredakan iritasi.

2. Minum Jus Nanas

Jus nanas juga bisa menjadi pilihan minuman lain yang bisa meredakan batuk kering. Hasil penelitian menunjukkan, jus nanas lebih efektif dalam meredakan batuk dibandingkan dengan obat batuk biasa.

Namun, manfaat nanas untuk mengobati batuk kering masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dan tidak dapat menggantikan fungsi obat batuk yang diresepkan oleh dokter.

 

3. Mengonsumsi Sup Hangat

Sup merupakan makanan yang mudah dibuat dan baik dikonsumsi saat batuk kering. Terlebih sup ayam, kandungan daging ayam, sayuran dan kaldu ayam yang ada pada sup tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus cairan yang dibutuhkan tubuh.

4. Mengatur Posisi Tidur

Jika batuk kering disebabkan oleh refluks asam lambung bisa diredakan dengan mengatur posisi tidur. Bisa dicoba dengan meninggikan posisi kepala dengan cara menumpuk 2 bantal. Langkah ini dilakukan agar asam lambung tidak kembali naik ke kerongkongan.

5. Mengatur Suhu Ruangan

Cara mengobati batuk kering selanjutnya dengan mengatur suhu ruangan. Membuat udara di sekitar menjadi lembab cukup efektif untuk meredakan batuk kering.

Udara kering dapat membuat iritasi saluran pernapasan dan menyebabkan batuk kering bagi sebagian orang. Untuk mengatasi batuk kering akibat hal tersebut, bisa menggunakan humidifier, mandi air hangat atau menghirup uap air.

6. Minum Obat Batuk Kering.

Jika batuk kering tidak mereda dengan cara-cara yang diuraikan, dianjurkan untuk mengonsumsi obat batuk kering yang dapat dibeli secara bebas di apotek. Untuk mengobati batuk kering, bisa memilih obat golongan antitusif.

Obat batuk golongan antitusif bekerja dengan cara menghambat refleks batuk, sehingga batuk bisa berkurang. Pastikan selalu membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini.

Sementara itu, batuk kering yang disebabkan oleh alergi dapat diobati dengan antihistamin. Namun, antihistamin tidak boleh digunakan sembarangan, melainkan harus sesuai saran dan resep dokter.

Itu dia cara untuk mengobati batuk kering yang bisa dilakukan di rumah. Jika batuk kering tak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter.

 

 

 

 

 

 

Topik Menarik