Pengamat Sebut Mental Jadi Kunci Lolosnya Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23

Pengamat Sebut Mental Jadi Kunci Lolosnya Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23

Olahraga | bandungraya.inews.id | Jum'at, 26 April 2024 - 19:50
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pengamat Sepak bola Indonesia, Bung Binder mengungkapkan analisisnya terhadap kemenangan Timnas Indonesia di babak perempat final Piala Asia U-23.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal setelah menyingkirkan Korea Selatan lewat adu penalti pada Jumat (26/4/2024) dini hari tadi.

Atas keberhasilan Timnas Indonesia tersebut, Bung Binder mengatakan bahwa hal itu tak terlepas dari tangan dingin Shin Tae-yong.

“Shin Tae-yong adalah arsitek yang bisa membangun fondasi dari Timnas Indonesia U-23 ini dengan mengandalkan banyak pemain muda yang sebelumnya diorbitkan ke Timnas Indonesia senior,” kata Bung Binder, dikutip dari YouTube Bola Bung Binder, Jumat (26/4/2024).

Menurutnya, dengan keputusan Shin Tae-yong tersebut membuat mental Garuda Muda semakin kuat.

 

“Jadi keputusan Shin Tae-yong memanggil banyak pemain muda ke Timnas Senior juga untuk memberikan mereka menit bermain dan tentunya agar mental mereka semakin kuat,” ujarnya.

Bung Binder menilai mental yang sudah lama terlatih tersebut dibuktikan Garuda Muda lewat kemenangan melawan Korea Selatan.

“Oleh karena itu ketika mereka bermain di level U-23, kita bisa melihat mental mereka sudah seperti baja, karna kan gak mudah menang lewat adu penalti,” kata Bung Binder.

Bahkan, Bung Binder menegaskan bahwa menang lewat adu penalti bukanlah karena faktor keberuntungan akan tetapi mental yang kuat.

“Dan perlu saya tegaskan, tim yang menang lawan adu penalti itu bukan karena faktor keberuntungan, tapi mental yang berbicara,” tandasnya.

Topik Menarik