Temukan SPA dan Tradisi Penyembuhan Pamukkale saat Berwisata ke Turki

Temukan SPA dan Tradisi Penyembuhan Pamukkale saat Berwisata ke Turki

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 12:40
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pariwisata Turki menawarkan berbagai pilihan liburan bagi para pengunjung di setiap musim. Salah satu daya tarik paling abadi dari negara ini adalah tradisi pemandian dan spa Turki yang terkenal dan telah menjadi bagian integral dari geografi ini sejak zaman kuno.

Menikmati budaya mandi di Pamukkale, salah satu pemandangan paling menakjubkan di dunia dan memberi pengalaman tak terlupakan yang hanya bisa ditemukan di destinasi luar biasa ini.

Pamukkale, terletak di Turki barat, sekitar 20 kilometer dari Denizli. Objek wisata ini adalah keajaiban alam sejati dengan travertine berwarna putih salju yang indah dan kolam bertingkat yang menyerupai air terjun membeku.

Sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO, travertine ini tampak seperti bidang awan yang dihiasi dengan kolam hangat berwarna biru laut. Rendam lah tubuh Anda dalam air mineral yang menyembuhkan ini dan nikmati keindahan Pamukkale yang menawan dari dekat.

Destinasi Memukau

Dianggap sebagai tujuan wisata yang harus dikunjungi bagi banyak orang, Pamukkale terkenal dengan travertine salju putihnya yang indah, yang terbentuk dari interaksi oksigen dan air panas. Perpaduan sempurna antara sejarah dan alam, travertine Pamukkale, dengan air mineralnya, juga dipercaya memiliki khasiat penyembuhan.

Setiap tahun, orang-orang dari seluruh dunia berbondong-bondong mengunjungi destinasi memukau ini, terpesona oleh pemandangan yang menakjubkan dan memiliki potensi untuk pembaharuan. Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar travertine dilindungi karena strukturnya yang rapuh.

Walaupun demikian, pengunjung ddapat leluasa berjalan-jalan di beberapa kawasan travertine yang berisi kolam-kolam berbentuk teras kecil. Untuk melestarikan travertine, para tamu harus melepas sepatu dan kaus kaki sebelum masuk.

Air Penyembuhan Kuno

Berdekatan dengan travertine Pamukkale, terdapat Kota Kuno Hierapolis yang menakjubkan, juga bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Sekitar 2.500 tahun yang lalu, Raja Eumenes II dari Pergamon, terpesona oleh keindahan travertine dan membangun sebuah kota di dekat situs tersebut.

Menghormati Hiera, istri Telephos, yang merupakan pendiri legendaris Pergamon, dan wilayah itu disebut Hierapolis. Dalam literatur, Hierapolis disebut sebagai Kota Suci, dan suasana memukau dari kota kuno yang sangat terawat ini membuktikan gelar tersebut.

Saat Anda menjelajahi teater kuno, kuil, air mancur monumental, makam, agora, dan gymnasium di situs ini, Anda akan dibawa melintasi waktu, berjalan-jalan di sepanjang jalan batu yang telah terbentuk dari dua ribu tahun lalu. Kisah-kisah seputar Ploutonium yang diyakini sebagai pintu masuk neraka pada Zaman Romawi juga cukup menarik.


Kota kuno Hierapolis. (FOTO: ISTIMEWA)

Petualangan Abadi

Hierapolis, dengan keberadaannya yang megah di sekitar travertine, telah lama dianggap sebagai pusat utama penyembuhan dan Kesehatan berkat air panas segar yang terdapat di area tersebut. Sepanjang sejarahnya, Hierapolis terkenal dengan air panasnya yang menyembuhkan, dan berabad-abad kemudian, kota kuno ini terus menarik pengunjung yang mencari kualitas terapi dan peremajaan dari air tersebut.

Berendam di Kolam Kuno, dikelilingi tiang-tiang antik dan marmer, adalah suatu pengalaman yang unik. Dengan suhu sepanjang tahun sebesar 36 derajat, Kolam Kuno ini juga terkenal dengan sebutan Kolam Cleopatra.

Legenda mengatakan Cleopatra, Ratu Mesir, pernah mandi di perairan kolam tersebut. Manjakan diri Anda dengan air panas yang menyegarkan di kolam, berenang di tengah reruntuhan kuno, dan nikmati lingkungan autentik.

Dari kolam air panas hingga museum, bangunan terkenal lainnya di Hierapolis adalah Teater Kuno dan Museum Hierapolis. Teater ini terkenal di antara teater-teater Periode Romawi di lembah Mediterania karena relief khasnya yang menggambarkan kisah-kisah mitologis dan bangunan panggung yang megah serta tangga tempat duduk yang indah.


Kolam Cleopatra. (FOTO: ISTIMEWA

Duduk di puncak teater yang menakjubkan ini dan mengamati seluruh wilayah dalam ketenangan sepenuhnya selama berjam-jam adalah pengalaman yang luar biasa. Pemandian Romawi, yang dahulu merupakan pusat termal yang dihormati, telah diubah fungsinya menjadi museum arkeologi.

Di Museum Hierapolis, Anda akan menemukan koleksi artefak menarik yang ditemukan selama penggalian di reruntuhan terdekat seperti Laodikeia dan Tripolis. Harta karun ini dipajang di antara struktur Pemandian Romawi yang berbentuk kubah megah yang dibangun dari batu balok travertine.

Cara menuju ke sana

Jika Anda merencanakan perjalanan ke Pamukkale, terbang melalui Bandara Denizli ardak adalah pilihan yang sangatl nyaman. Penerbangan harian dari Bandara ?stanbul memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Sesampainya di sana, Anda dapat dengan mudah mencapai Pamukkale dalam waktu satu jam dengan menyewa mobil, naik taksi, atau menggunakan layanan antar-jemput.

Untuk meningkatkan pengalaman tenang Anda di Pamukkale, pertimbangkan aktivitas yang mengasyikkan seperti paralayang atau menaiki balon udara. Petualangan ini menawarkan perspektif menakjubkan dari kota kuno Hierapolis dan travertine yang menakjubkan.

Laodikeia, salah satu dari Tujuh Gereja yang disebutkan dalam Alkitab, hanya berjarak 15 km dari Pamukkale dan Denizli. Ini adalah situs penting untuk dikunjungi di wilayah ini.

Pamukkale juga terkenal dengan tenunan, kain Buldan dari katun dengan menggunakan teknik tradisional. Berkat teknik tenun unik dan pewarna yang dipilih dengan cermat, kain buldan dikenal karena manfaat kesehatannya yang luar biasa, daya tahannya yang tahan lama, dan sifat hipoalergeniknya.


Gedung teater kuno. (FOTO: ISTIMEWA

Hidangan paling terkenal dan disukai di kota ini adalah kebab Denizli, yang dibuat dari daging domba lezat dan dimasak dengan mahir di dalam oven batu tradisional. Anda juga dapat merasakan cita rasa lezat gzlemes yang dipanggang di atas api kayu.

Jangan lupa untuk memaksimalkan waktu Anda di Pamukkale, pertimbangkan untuk menginap di fasilitas termal terdekat. Anda dapat menikmati pijat yang menenangkan, menikmati berendam di air panas, dan bahkan memanjakan diri dengan mandi lumpur yang menyegarkan. Salah satu daya Tarik populer lainnya di Denizli adalah Mata Air Panas Karahayt, tempat Anda dapat bersantai dan meremajakan diri.

Topik Menarik