5 Ide Menu Takjil yang Mudah dan Murah untuk Dibagikan Saat Ramadhan

5 Ide Menu Takjil yang Mudah dan Murah untuk Dibagikan Saat Ramadhan

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Takjil makanan yang biasa disantap saat waktunya berbuka puasa. Menu takjil untuk buka puasa identik dengan makanan maupun minuman ringan untuk pembuka sebelum menu utama.

Di Indonesia takjil biasa nya identik dengan sop buah, kolak, dan gorengan. Selain untuk dikonsumsi sendiri, biasanya setiap Ramadhan orang-orang berlomba membuat kebaikan, seperti berbagi takjil.

Ada beberapa ide takjil yang harganya ekonomis untuk dibagikan, untuk mengetahui apa saja ide takjil tersebut, berikut informasinya.

1. Bubur Sumsum

Ide menu berbagi takjil yang pertama yaitu Bubur sumsum, hidangan ini selalu jadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasa bubur yang lembut manis dan sedikit gurih ini, sangat nikmat dihidangkan sebagai makanan berbuka.

2. Kolak

Kolak adalah menu takjil sejuta umat yang juga cocok untuk dibagikan. Bahan utamanya labu kuning dan bersantan. Jika ingin membuatnya dirumah kamu juga akan sangat mudah untuk menemukan bahan-bahannya.

3. Sop Buah

Sop buah termasuk takjil yang mudah dibuat dan murah. Sop buah memiliki rasa manis dan segar, sehingga paling nikmat disantap dalam keadaan dingin, tak heran sop buah selalu menjadi takjil favorit semua orang.

Isian sop buah bisa menyesuaikan sesuai selera. Selain aneka macam buah, biasanya juga ditambahkan nata de coco, cincau hitam, dan selasih sebagai isiannya.

4. Tahu Isi Goreng

Referensi takjil untuk dibagikan yang satu ini merupakan gorengan tahu isi, menu ini selalu menjadi makanan pembuka buka puasa.

Kamu bisa membuat isian dalam tahu dengan tauge, potongan daun bawang, dan wortel. Cara membuat tahu isi goreng cukup mudah. Pertama sayat bagian tengah tahu, buang isian dalam tahu lalu ganti dengan sayuran. Kemudian goreng dalam minyak panas sampai warnanya kecoklatan.

5. Es Cincau

Es cincau jadi rekomendasi menu takjil hemat untuk dibagikan yang terakhir. Cara membuat es cincau cukup mudah, sediakan air, gula merah cair, dan es batu. Tambahkan potongan cincau hitam ke dalam minuman. Masukkan es untuk disajikan dingin.

Topik Menarik